Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, AHM Pamerkan Inovasi Hasil Karya SMK

Kompas.com - 02/06/2016, 18:32 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain menyelenggarakan final kompetisi Uji Kompetensi Sepeda Motor bagi siswa SMK, Astra Honda Motor (AHM) kali ini memamerkan ide kreatif dari siswa SMK. Namun, ini baru sekedar eksebisi, dengan hanya menampilkan inovasi dari tiga sekolah.

Handi Hariko, Senior Manager Technical Service Division AHM mengharapkan, dengan dimulai tahun ini, konsep "Eksebisi Inovasi" akan berkembang ke depannya. Karya tersebut juga murni dikembangkan sendiri oleh siswa SMK yang ada di Indonesia.

“Tahun ini kami sudah mulai mengangkat mengenai ide kreatif dari siswa. Mudah-mudahan tahun depan, program ini akan menjadi lebih besar lagi,” ujar Handi, Kamis (2/5/2016).

Handi melanjutkan, inovasi yang dihadirkan dalam even ini, seperti alat penghemat bahan bakar, Treker Kaliper (untuk maintenance master rem), dan Smart Side Stand (standar samping fleksibel). Saat ini baru tiga inovasi tersebut yang hadir tahun ini.

Ghulam/KompasOtomotif Salah satu inovasi standar pintar dari siswa SMK.

Wedijanto Widarso, General Manager Technical Service Division AHM menambahkan, ke depannya inovasi-inovasi ini bukan tidak mungkin bisa diajukan kepada AHM, untuk melengkapi fitur produk menjadi lebih baik. Walau mungkin tahapan awalnya baru sekedar menjadi aksesori pelengkap saja.

“Barangkali nanti akan ada teknologi hasil inovasi siswa SMK, yang bisa menyumbang fitur lebih baik  dan tidak ada salahnya kami ajukan ke AHM. Karena untuk model-model baru, kami diberi kesempatan untuk ikut men-develop, tapi pastinya harus melalui persetujuan dari Honda Motor Jepang dahulu,” ujar Wedijanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com