Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor “Siluman” Milik Militer Amerika

Kompas.com - 02/06/2016, 12:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Militer Amerika membuat sepeda motor siluman (stealth motorcycles) yang memungkinkan prajurit untuk bisa menyelinap cepat tanpa diketahui musuh. Sepeda motor ini hanya mengeluarkan bunyi 55 desibel, atau layaknya bunyi yang dikeluarkan oleh sikat gigi elektrik.

Mengutip Washingtonpost, Rabu (1/6/2016), kendaraan roda dua militer ini mampu melaju 80 mil per jam. Bunyi senyap yang dihasilkan sepeda motor ini lantaran berpenggerak listrik.

Sepeda motor dengan sebutan SilentHawk ini menggunakan sistem two-wheel drive untuk meningkatkan kemampuan traksi pada jalan berkerikil, berpasir, atau jalur menantang lainnya. Dimensi tubuh yang ramping memiliki manfaat untuk bisa melibas jalur hutan, di mana kendaraan berat militer lain tidak bisa melaluinya.

Alex Dzwill, pimpinan teknisi untuk proyek SilenHawk dari perusahaan Logos Technologies, mengatakan, dengan keterampilan standar, semua prajurit bisa menggunakan sepeda motor ini di medan mana pun.

Namun, SilentHawk ini memiliki keterbatasan, dengan baterai listrik yang hanya mampu bertahan selama dua jam. Oleh karena itu, sepeda motor ini mengalami modifikasi kembali, hingga akhirnya menggunakan mesin hibrida, yang bisa menenggak semua jenis bahan bakar, seperti bensin, aftur, minyak tanah, atau solar.

“Saat menjalankan misi, pastinya tidak selalu menemui stasiun pengisian bahan bakar umum untuk mengisi bensin. Para prajurit nantinya akan berkendara melalui medan yang berbahaya di wilayah yang berbeda, dengan ketersediaan bahan bakar yang tidak sama juga pada tiap daerahnya,” kata Dzwill.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com