Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duo "City Car" Korsel Dianggap Tidak Aman

Kompas.com - 01/06/2016, 13:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Program asesmen mobil baru untuk Asia Tenggaraa (ASEAN NCAP), umumkan hasil uji untuk tujuh model mobil, yang masuk dalam tahap penilaian Q2 2016. Model-model tersebut seperti, Nissan X-Trail, Nissan Navara, Suzuki Ertiga, Suzuki Ciaz, Kia Morning, Hyundai EON dan Isuzu MU-X.


Mengutip Paultan.org, Rabu (1/6/2016), dua di antara ketujuh model tersebut, menerima peringkat nol, kemudian keempat lainnya mendapatkan bintang empat, sementara hanya satu yang menerima rating lima.

Hyundai EON dan Kia Morning yang mendapat rating nol, tidak dilengkapi dengan Electronic Stability Control (ESC) dan bahkan airbag saat pengujian. Kondisi tersebut membuat rating untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP) penumpang dewasa, punya nilai buruk.

KIA Morning hanya berhasil mencetak 1,48 poin dari 16 poin, sementara EON tidak mendapatkan poin sama saekali. Kemudian, keduanya juga hanya memenuhi 27 persen kriteria untuk Child Occupant Protection (COP) atau perlindungan atas penumpang anak-anak.

Kia Morning, dikenal sebagai meobil Kia yang dipasarkan di Korea Selatan, Hong Kong, Taiwan dan Cili, sementara di Malaysia disebut Picanto. Untuk pasar Malaysia, Picanto hadir dengan kelengkapan enam airbag, Electronic Stability Control (ESC), Anti-lock Braking System ABS dan Traction Control System (TCS). Dengan kelengkapan ini Picanto telah meraih rating bintang empat, dengan skor 12.67 untuk AOP dan 73 persen pada COP.

Sementara, untuk perah bintang empat, yaitu Nissan Navara yang memiliki skor 12,34 poin untuk AOP, di mana nilai COP hanya sebesar 37 persen dari kriteria yang ditetapkan. Nilai COP Navara sama dengan Suzuki Ciaz, namun sedan Suzuki ini punya skor AOP lebih tinggi di 14.56 poin.

Kemudian Isuzu MU-X, meraih poin 11.87 di AOP dan memenuhi kriteria COP sebesar 73 persen. Lalu Suzuki Ertiga, meraih skor AOP sebesar 12.39 poin, dan 33 persen terkait dengan kriteria COP.

Kemudian untuk peraih rating bintang lima, diberikan kepada Nissan X-Trail, yang mendapat skor 15,10 poin untuk AOP, dengan memenuhi 72 persen kriteria COP.  Nilai sempurna ini berkat fitur dua airbag di depan, ESC dan seatbelt reminder system (SBR).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com