Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"10 Menu" Mobil Baru pada GIIAS 2016

Kompas.com - 01/06/2016, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan berlangsung 11-21 Agustus di 2016 di Convention and Exhibition (ICE), kawasan BSD City, Tangerang, ikut dimanfaatkan oleh sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) untuk meluncurkan model baru. Dikabarkan, sedikitnya ada 10 mobil anyar yang siap diluncurkan.

Johannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, menuturkan, selain memamerkan mobil konsep, para APM juga akan meluncurkan produk terbarunya untuk pasar Indonesia. Bahkan, merek baru, seperti Wuling memanfaatkan pameran ini sebagai tempat yang tepat memperkenalkan mobil baru di segmen kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV).

“Yang sudah konfirmasi kepada kita ada 10 merek yang meluncurkan model baru. Merek yang meluncurkan itu beragam, mulai Jepang, Eropa, hingga China,” kata Nangoi saat berkunjung ke kantor Kompas.com, Selasa (31/5/2016).

Menurut Nangoi, banyak produk baru bisa memucu pertumbuhan pasar otomotif nasional. Sebab, masyarakat semakin banyak pilihan ketika hendak membeli mobil.

“Pasar dalam beberapa bulan pertama tahun ini belum menunjukkan adanya pertumbuhan, meski transaksi penjualan di GIIAS diharapkan sama seperti tahun lalu, yakni Rp 5,7 triliun,” kata Nangoi.

Sementara, tahun ini pengunjung ditargetkan tembus 450.000 orang, karena ada lima hari libur, termasuk hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus. Terhitung Mei 2016, merek yang sudah konfirmasi sudah sebanyak 32.

Berdasarkan pengamatan KompasOtomotif, merek yang akan meluncurkan mobil baru, antara lain Toyota dan Daihatsu launching “adik” Avanza-Xenia, Suzuki Jimny, Mercedes-Benz beberapa produk, Wuling kabarnya sekaligus dua model, Jaguar F Pace, dan "MPV sejuta umat" Mitsubishi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com