Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calya dan Agya Satu "Platform"

Kompas.com - 01/06/2016, 07:24 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Calon MPV paling murah Toyota, Calya, dirancang menggunakan platform yang sama dengan Agya berpenggerak roda depan. Bedanya, pada sasis, istilahnya telah diperpanjang dan diperkuat untuk mengakomodasi penumpang di baris ketiga. Informasi itu didapat dari sumber Toyota, Selasa (31/5/2016).

Calya dirancang dengan basis fungsionalitas, jadi jangan berharap terlalu tinggi ada banyak fitur mewah di dalamnya. Toyota telah membuat paket mobil dengan spesifikasi yang sesuai seperti saat memperkenalkan Avanza pada 2003.

Sumber untuk Otomania.com MPV baru Toyota di kelas "mobil murah" diberi nama Calya.
Sumber juga menyebut mobil yang bakal diproduksi Daihatsu di Indonesia ini bakal menawarkan hal di luar ekspektasi segmen low cost green car (LCGC), dalam konteks positif. Calya diharapkan jadi “mobil sejuta umat”, menggantikan Avanza yang terus naik kelas.

Buat menggambarkan suasana interior, dijelaskan sumber, Calya memiliki sistem AC double blower, sabuk pengaman buat 7-penumpang, dan rem parkir seperti tuas transmisi matik jadul. Ada dua kantong udara di bagian depan untuk varian tertinggi, sementara versi standar hanya ada di hadapan pengemudi. Fitur lain yang diungkap jadi standar adalah immobilizer.

Calya menggunakan mesin 3NR-FE, mirip yang digunakan Etios tapi ada tambahan dual VVT-i. Pilihan transmisi ada dua, yaitu manual 5-percepatan dan matik 4-percepatan. Kedua transmisi itu sama dengan Avanza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com