Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Suzuki India Terbakar

Kompas.com - 31/05/2016, 19:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Pabrikan terbesar di India, Suzuki Maruti, menghentikan sementara produksi mobil di pabrik Manesar dan Gurgaon. Langkah itu dilakukan menyusul kebakaran yang terjadi di fasilitas salah satu penyuplai, Subros, di kawasan industri Manesar, pada Minggu (29/5/2016).

Subros adalah pemasok komponen kompresor AC buat Suzuki. Dampaknya, produksi model Vitara Brezza dan Baleno terhambat. Bukan hanya itu, model populer seperti Alto 800 dan Swift, juga dijelaskan kena imbas.

Indianautosblog Suzuki Vitara Brezza
Butuh beberapa jam buat memadamkan api di Subros. Meski begitu dilaporkan tidak ada korban jiwa.

“Produksi akan kembali berjalan setelah komponen tersedia,” jelas Suzuki Maruti seperti diberitakan Economic Times, Selasa (31/5/2016).

Indianautosblog Suzuki Baleno hatchback
Suzuki dikatakan sedang mengkaji suplai dari fasilitas lain. Sejauh ini keterangan resmi tidak menjelaskan sampai kapan operasi produksi dihentikan sementara.

Di pabrik Manesar dan Gurgaon, Suzuki bisa menghasilkan sekitar 5.000 unit per hari. Bila digabungkan, kapasitas keduanya mencapai 1,5 juta unit per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com