Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Desain Mobil F1 dengan Kokpit Tertutup

Kompas.com - 31/05/2016, 16:44 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Milan, KompasOtomotif — Dari dulu hingga sekarang, mobil Formula Satu (F1) selalu mengadopsi rancangan kokpit terbuka. Hal itu menimbulkan kekhawatiran karena kepala pebalap rentan cedera terkena serpihan benda melayang di lintasan.

Motor1.com Alfa Romeo AW30.
Regulator balap dunia, FIA, bergerak positif. Pada 1 Juli 2016 akan diputuskan apakah kokpit F1 memerlukan pelindung. Ada dua model pelindung yang sudah diuji tim F1, yaitu Halo oleh Ferrari dan Aeroscreen dari Red Bull. Namun, bagaimana bila jawaban atas keselamatan pebalap bukan keduanya.

Motorsport Pelindung kokpit mobil F1
Konsep datang dari Alfa Romeo, mantan konstruktor dan penyuplai mesin F1 pada 1950–1988. Desainer Tuncay Karabulut dari Alfa Romeo Grand Prix Engineering membuat desain virtual mobil F1 dengan kokpit pelindung yang dinamakan AW30.

Motorsport.com RB12 milik Daniel Ricciardo (Red Bull Racing) menggunakan Aeroscreen.
Seperti tertera pada gambar, terlihat desainnya lebih aerodinamis dibanding mobil-mobil F1 sekarang. Kepala pengemudi terlindungi bagian yang kelihatan seperti kaca atau plastik transparan, mirip Aeroscreen. Desain seperti ini mungkin butuh wiper buat menyapu air.

Bagaimana menurut Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com