Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Masa Depan, Seperti Bola dan Melayang

Kompas.com - 31/05/2016, 16:26 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Ohio, KompasOtomotif – Semua penyuplai otomotif kini bergerak ke arah yang sama yakni menyambut teknologi otonomos. Berbagai usaha menciptakan inovasi terus bergulir, salah satunya datang dari produsen ban, Goodyear, yang punya visi ban masa depan seperti bola dan tidak menempel pada mobil.

Prototipe itu dinamakan Eagle-360 Concept. Dalam arti yang sebenarnya Goodyear ingin mengubah definisi ban yang selama ini kita kenal.  

Bentuk bola membuat mobil bisa bergerak ke arah mana saja. Desain seperti ini mengizinkan manuver mobil lebih lega sekaligus sangat berguna buat mengatasi segala macam kondisi jalan, termasuk buat menghindari potensi kecelakaan.

Agar memungkinkan, ban bola tidak menyambung dengan mobil menggunakan sistem mekanis, melainkan memanfaatkan gaya angkat magnet. Semua rancangannya mendukung kepraktisan yang ditawarkan otonomos.

“Kami membayangkan pada 2030 sebagian besar mobil akan otonomos. Mendapatkan informasi harus dilakukan dengan cara yang berbeda. Kami percaya ban ini tidak hanya mengoneksikan jalan dengan kendaraan tapi juga menginformasikan mobil,” ujar Percy Lemaire, Regional Tech Director Goodyear, seperti diberitakan Autocar, Senin (30/5/2016).

Bagian tapak pada ban bola adalah kulit dengan motif seperti ban biasa. Kulit itu bisa diganti jika telah aus atau diganti dengan motif berbeda. Sensor-sensor membuat ban merasakan permukaan jalan, dengan begitu memberikan informasi pada komputer tentang kondisi seperti licin, kering, atau basah.

Algoritma komputer menghasilkan pengaturan kecepatan mobil dan traksi untuk membelok. Lebih jauh dari itu, komputer juga memberikan informasi ke kendaraan lain melalui sistem remote.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com