Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interkom Helm buat "Bikers" Saat “Touring”

Kompas.com - 30/05/2016, 17:38 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Saat touring, biasanya road captain di depan menggunakan simbol tangan atau kaki untuk berkomunikasi dengan peserta touring yang lain. Namun, kondisi itu dinilai berbahaya karena saat dilakukan berarti posisi berkendara tidak lagi sigap.

Ada cara lain berkomunikasi yang lebih aman, yaitu menggunakan sistem interkom. Salah satu produk seperti itu yang tersedia di pasaran yaitu BT-Rider Intercom V8. Produk ini terdiri dari tiga bagian, yaitu modul utama, mikrofon, dan remote hand bar buat pengaturan ringkas.

Febri Ardani/KompasOtomotif BT-Rider Intercom V8, terdiri dari tiga perangkat utama, yaitu modul utama, mikrofon, dan "remote hand bar".
Modul utama diletakkan di bagian pinggir helm, lalu mikrofon ditempel di bagian dalam. Pemasangannya bisa dilakukan buat helm full face atau half face.

Mikrofon dipasang di bagian dalam helm. Menempelkannya mudah karena menggunakan bahan velcro, sedangkan remote hand bar bisa ditempatkan di setang.

Keunggulan produk ini bisa berkomunikasi bersamaan dengan lima bikers lain yang menggunakan perangkat sejenis. Maksimum radius komunikasi sejauh 1,5 km. Baterai tipe isi ulang mampu bertahan hingga 8 jam waktu berbicara dan 100 jam standby.

Faizal D Sapurta, salah satu tenaga penjual yang ditemui di stan BT-Rider di Otobursa Tumplek Blek, Minggu (29/5/2016), menjelaskan, Intercom V8 juga memiliki koneksi bluetooth hingga bisa digunakan untuk menerima panggilan telepon.

Intercom V8 dijual Rp 1,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com