Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Mobkas Terfavorit di Indonesia

Kompas.com - 30/05/2016, 10:04 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar mobil bekas (mobkas) di Indonesia tidak kalah menariknya dengan penjualan mobil baru. Meski tidak terlalu tumbuh seperti dua tahun lalu, tetapi pembeli mobkas, terutama di Jakarta dan kota-kota besar lain, masih sangat tinggi.

Pilihan mobkas yang ditawarkan penjual cukup beragam, mulai dari city car, hatchback, LMPV, MPV, LSUV, SUV, hingga pikap kabin ganda. Dari semua segmen, berikut delapan mobkas yang paling banyak dicari pembeli:

1. Avanza-Xenia

“Mobil sejuta umat” dari Toyota dan Daihatsu ini masih menjadi mobil paling diburu orang. Selain harganya yang cukup terjangkau, yakni mulai Rp 90 jutaan (tahun 2005) hingga di atas Rp 150 juta (tergantung tipe dan tahun).

Pedagang mobkas tidak sulit menjual kedua model ini. Menurut pengakuan pedagang mobkas di ITC Permata Hijau, Hendrik, setiap hari pasti ada saja yang membeli Avanza atau Xenia.

2. Mobilio

Pilihan kedua jatuh pada Honda Mobilio. LMPV andalan Honda ini kini sedang banyak diburu oleh masyarakat Indonesia. Bicara harga, cukup bervariasi, atau tergantung kondisi, tahun, serta tipe atau varian.

Stanly/Otomania Toyota Agya

3. Agya dan Ayla

Lagi-lagi dikuasai oleh merek Toyota dan Daihatsu. Di segmen mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC), Agya dan Ayla juga paling banyak dicari konsumen. Harga bekasnya memang cukup menggiurkan, yakni dimulai Rp 70 jutaan hingga Rp 90 jutaan, tergantung tipe, tahun, dan tentunya kondisi.

4. Brio dan Brio Satya

Menurut pengakuan beberapa pedagang mobkas di ITC Permata Hijau, MGK Kemayoran, dan WTC Mangga Dua, Honda Brio dan Brio Satya juga sedang banyak dicari. Para pedagang mengaku, konsumen yang membeli mobil model ini karena tampilannya lebih menarik ketimbang LCGC lain dan harganya juga relatif masih terjangkau.

5. Rush dan Terios

Merek Toyota dan Daihatsu kembali mendominasi mobkas. Di segmen LSUV, dua model ini yang juga tidak kalah menarik dibeli. Menjelang bulan puasa dan Idul Fitri seperti ini, permintaannya tinggi, tetapi pedagang sedikit kesulitan mencari barangnya.

6. Kia Picanto

Segmen mobil kota (city car), Kia Picanto diakui cukup banyak dibeli orang. Selain harganya terjangkau, yakni berada di kisaran Rp 90 jutaan hingga Rp 115 jutaan, tergantung kondisi, tipe, dan tahun. Namun, di kelas ini, tipe matik yang dicari masyarakat.

Stanly/Otomania Harga Honda Jazz Februari 2016

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com