Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Bikin Ban Mobil Anti-paku

Kompas.com - 30/05/2016, 09:43 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu apes di jalan yaitu ban bocor karena tertusuk paku. Sebenarnya di Indonesia memang agak aneh, mengapa bahan bangunan ada di tengah jalan. Namun, daripada menyesal, lebih baik diantisipasi, salah satu caranya menggunakan cairan penambal ban.

Di Otobursa Tumplek Blek 2016, PT Tetsan Maju Bersama (TMB) resmi meluncurkan IML Super Tyre Sealent khusus buat ban mobil. Sebelumnya TMB sudah menjual cairan penambal ban, tetapi khusus sepeda motor.

Cairan penambal buat ban mobil beda spesifikasi dibanding untuk motor, kata Philip Buulolo, Sales and Marketing Director TMB, Minggu (29/5/2016). Cairan penambal ban ini telah dikembangkan agar bisa mengatasi kondisi pengoperasian mobil.

Formulanya dirancang lebih rekat menempel ke dinding dalam ban. Gunanya, agar tidak memengaruhi kendali setir saat digunakan.

Cara kerja

Cairan penambal dimasukkan ke dalam ban lewat lubang udara. Dalam demonstrasi di stan TMB, cairan itu langsung menutup rapat lubang yang ditinggalkan paku. Prosesnya sangat cepat agar tekanan udara di dalam ban tidak banyak yang hilang.

Tentu kegunaannya sangat membantu bila kejadian di jalan. Barang ini bisa bermanfaat menjaga keamanan saat touring jarak jauh seperti mudik.

“Kami sudah riset selama dua tahun di Indonesia. Teknologinya menggunakan milik Jepang dan Korea,” kata Philip, Minggu (29/5/2016). IML Super Tyre Sealent juga dikatakan aman buat mobil yang sudah memiliki sensor tekanan udara di ban.

IML Super Tyre Sealent tersedia satu varian, yaitu 500 ml yang dijual Rp 85.000. Satu botol untuk satu ban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com