Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebut Honda Civic Turbo di Sentul

Kompas.com - 30/05/2016, 09:23 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Puas mengupas desain eksterior dan interior, kini tiba waktunya membahas pengujian performa All New Civic Turbo. PT Honda Prospect Motor (HPM) mengemas acara test drive kali ini cukup menarik. Pertama para peserta diperbolehkan menggeber kemampuan sedan mini ini dengan gaya balap lurus atau drag race di Sirkuit Sentul dan kedua di jalan tol.

Pihak Honda menyatakan, kalau tujuan utama sesi test drive kali ini memang untuk mengetahui bagaimana performa Civic yang sudah dibekali teknologi mesin turbocharger. Meski berbekal mesin 1.5-liter VTEC, namun tenaganya diklaim setara dengan mobil berkapasitas mesin 2.000cc lebih.

Sesi pengujian pertama diikuti, yakni menggebernya di track lurus di Sirkut Sentul yang berjarak 402 meter.

Aditya Maulana - KompasOtomotif KompasOtomotif Drag Race Honda Civic Turbo di Sirkuit Sentul

Pertama, usai menggunakan pelengkap keamanan seperti sarung tangan dan helm, mobil diarahkan menuju tempat start, setelah lampu hijau menyala, dipersilahkan menginjak pedal gas sedalam-dalam hingga jarak 402 meter ke depan.

Baca juga: Lebih Intim dengan Honda Civic Turbo

Alhasil, catatan waktu yang diraih KompasOtomotif saat itu 16 detik lebih. Dari seluruh perserta tes, tercatat paling cepat ada pada hitungan 15 detik dan terburuk 17 detik. Ketika, menginjak pedal gas (kick down), tenaga melimpah langsung terasa saat putaran mesin menembus 1.700 rpm.

Memposisikan tuas transmisi pada D (drive), Civic Turbo ini cukup liar, namun masih nurut untuk dikendalikan. Karakternya galak, tetapi masih mudah dijinakan. Apalagi, jika menggunakan mode Eco, tenaga yang dihasilkan memang sedikit tertahan, tetapi bicara efisiensi bahan bakar minyak (BBM) cukup ideal.

Memang tidak ada klaim atau data di atas kertas yang mengumumkan berapa konsumsi BBM Civic Turbo. Tetapi yang jelas, pihak Honda mengatakan, jika ingin berkendara lebih “santun” bisa memanfaatkan mode tersebut.

Aditya Maulana - KompasOtomotif Drage Race Honda Civic Turbo di Sirkuit Sentul

Usai di Sirkuit Sentul, HPM langsung mengajak seluruh awak media otomotif nasional bertolak ke Bandung, Jawa Barat. Jalan yang dilewati, yakni tol Cikampek, Cipularang, dan keluar tol Pasteur. Saat itu, KompasOtomotif berhasil menggeber hingga kecepatan 150 kpj di jalan tol, sambil melihat kondisi jalan tentunya.

Bicara soal tenaga sudah tidak bisa diragukan lagi, tetapi ada yang tidak kalah penting, yaitu mengenai handling. Ketika diajak bermanuver, pengemudi masih sangat merasa nyaman, begitu juga dengan penumpang depan dan belakang.

Karakter sedan ini memang dibuat agresif, tidak salah jika Honda menyematkan turbo pada Civic generasi kesepuluh ini. Di atas kertas, tenaga maksimal yang dihasilkan 173 ps pada 5.500 rpm dan torsi 22.4 kg.m pada 1.700-5.500 rpm.

Kesimpulan

Setelah berkendara kurang lebih dua hari, KompasOtomotif  merasakanperforma Civic Turbo yang benar-benar bisa memacu adrenalin.

Merogoh kocek Rp 475 juta untuk membeli Civic Turbo ini masih dinilai cukup masuk akal. Sebab, banyak yang bisa didapat, terutama bagi Anda yang suka dengan performa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com