Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Mobil Sport Ini "Gagal" Tes Tabrak

Kompas.com - 27/05/2016, 15:32 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

California, KompasOtomotif - Memiliki kapasitas mesin yang besar, seharusya juga diimbangi dengan sistem perlindungan keselamatan yang juga maksimal terhadap pengemudinya. Mengutip Automotivenews, Jumat (27/5/2016), dari tiga mobil sport muscle car yang diuji tes tabrak, Dodge Challenger, Ford Mustang dan Chevrolet Camaro, tidak  ada yang mendapat nilai penuh.

Informasi ini seperti yang dirilis oleh lembaga keamanan jalan raya Amerika, The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), yang baru saja melakukan pengetesan terhadap mobil bertenaga besar tersebut. Dari ketiganya, Dodge Challenger mendapatkan rating yang paling tidak memuaskan.

IIHS melakukan lima tes tabrak kepada setiap mobi tersebut, dan masing-masing tes memiliki penilaian sendiri. Kesimpulannya, untuk Mustang dan Camaro mendapat empat nilai “baik” dan satu “diterima”. Namun, untuk Challenger, nilai yang diperoleh dua “baik”, dua “diterima”, dan nilai terakhir “miskin”.

“Ketika mengalami tabrakan dari depan, ban mobil Challenger merangsek masih ke kabin penumpang depan. Ini menyebabkan kaki dummy penumpang dalam uji tes terjerat,” ujar Adrian Lund, Presiden IIHS.

Pihak Fiat Chrysler Automobiles (FCA) mengatakan, kendaraan yang mereka buat pastinya sudah memenuhi standar keselamatan yang berlaku. FCA juga menyampaikan, tidak ada  tes tunggal yang yang bisa menentukan keselamatan berkendara secara keseluruhan.

“Kendaraan FCA Amerika sudah memenuhi atau melebihi semua persyaratan keselamatan pemerintah yang berlaku. FCA Amerika mendesak semua pengendara untuk mengikuti semua peraturan lalu lintas yang berlaku, dan mempertahankan kontrol kendaraan mereka dengan sesuai,” ujar pihak FCA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com