Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Jepang Siap Kembali Produksi Akhir Mei

Kompas.com - 27/05/2016, 15:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, Jepang – Musibah gempa yang melanda Pulai Kyushu Jepang, pada pertengahan April lalu, membuat sejumlah perusahaan otomotif Jepang di wilayah tersebut mengehentikan operasinya, salah satunya Toyota.

Dari siaran resmi Toyota, Jumat (27/5/2016), mereka mengumumkan akan kembali melanjutkan produksi semua perakitan kendaraannya di wilayah Kumamoto, Jepang. Beroperasinya kembali secara keseluruhan tersebut dimulai pada 30 Mei hingga 4 Juni 2016.

Kemudian, keputusan mengenai produksi yang dilakukan setelah 4 Juni 2016, didasarkan pada evaluasi menyeluruh, terhadap situasi pasokan suku cadang. Seperti dikabarkan sebelumnya, model-model Toyota yang berhenti diproduksi ialah crossover RAV4, Prius hibrida, serta Scion xB dan tC untuk Amerika Serikat.

“Kami akan terus melakukan semua usaha yang mungkin, untuk memberikan dukungan kepada warga Kumamoto. Kami juga berharap akan pemulihan sedini mungkin bagi daerah yang terkena dampak,” ujar pihak Toyota.

Sebelumnya, Toyota secara bertahap melakukan penghentian produksi, pertama pada 15-23 April 2016. Produksi kemudian secara perlahan perlangsung pada 25-28 April 2016. Kemudian setelah masa libur tersebut, sisa produksi kembali dimulai pada 6 Mei 2016 dan akan terus berlanjut, dari 30 Mei hingga 4 Juni 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com