Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Teknologi Mesin “i-get” Milik Piaggio

Kompas.com - 27/05/2016, 11:24 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Empat produk baru yang diluncurkan PT Piaggio Indonesia (PID), yakni Liberty, Medley, Sprint, dan Primavera, Rabu (25/5/2016), di Jakarta, sudah dibekali teknologi mesin baru, yaitu Italian Green Experience Technology (i-get). Jantung pacu tersebut diklaim ramah lingkungan dan irit bahan bakar serta tetap menawarkan performa terbaik.

Technical Trainer Manager PID Yudi Riswanto, menjelaskan, tiga hal tersebut didapat karena sekarang ini proses pembakaran pada mesin menjadi lebih sempurna dibandingkan generasi sebelumnya. Kekurangan serta masukan dari konsumen, terus dikembangkan dan hasilnya tertuang dalam mesin i-get tersebut.

“Dasar mesinya sama seperti model 3V, tetapi kita kembangkan lagi dan ada beberapa hal yang dibuat khusus agar lebih sempurna,” kata Yudi di acara test ride Vespa dan Piaggio di Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Aditya Maulana - KompasOtomotif Vespa Sprint dan Primavera yang mendapatkan ubahan baru.

Yudi melanjutkan, pada komponen mesin lain, seperti sistem kopling dan transmisi juga mendapat penyegaran yang kini menggunakan driven pull. Alhasil, getaran pada mesin bisa diredam dengan baik, belum lagi ditambah dengan gerakan crankshaft untuk piston yang dirancang guna menambah performa dengan noise yang minim.

“Silahkan mencoba sendiri, bagaimana perbedaan getaran dari model sebelumnya. Kali ini suara juga lebih halus dan getaran sangat minim sekali,” ujar Yudi.

Di atas kertas, Vespa Sprint dan Primavera memiliki kapasitas mesin 154,8 cc, dan daya maksimum 8,7 Kw / 7.500 rpm dan torsi 12 Nm/5.000 rpm. Keduanya juga dibekali transmisi Continuous Variable Transmission (CVT). Sedangkan, Liberty 155 cc berdaya maksimum 9,6 Kw/7.750 rpm dan torsi 13 Nm/6.500 rpm dan Medley 155,1 cc dengan tenaga 11 Kw/7.750 rpm dan torsi 14,4 Nm/6.400 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com