Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Meksiko Buat Jalan Tol “Glow in The Dark”

Kompas.com - 26/05/2016, 15:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Morelia, KompasOtomotif — Seorang ilmuwan asal Meksiko, Dr José Carlos Rubio, melaporkan telah menemukan semen khusus untuk membuat jalan tol agar bisa menyala pada malam hari (glow in the dark). Jika ini bisa diaplikasikan, tampaknya sudah tidak perlu penerangan lampu lagi di jalan bebas hambatan, cukup menghemat listrik.

Mengutip Jalopnik.com, Kamis (26/5/2016), Rubio membutuhkan waktu sembilan tahun, sampai akhirnya dia menemukan cara untuk mengubah struktur mikro semen jalan raya, yang memungkinkan memiliki phosphorescence (sinar pendar/pencahayaan sendiri). Cahaya yang muncul dari hasil penelitiannya berwarna hijau-biru.

Mekanisme alamiahnya, semen tersebut akan menyerap sinar cahaya pada siang hari, baru kemudian memancarkannya pada malam hari. Ilmuwan tersebut mengatakan, masih ada sedikit kendala terkait dengan struktur mikro semen, yang masih perlu penelitian lebih dalam agar hasilnya bisa maksimal.

Jalopnik.com Semen hasil penelitian Rubio, bisa mengeluarkan cahaya di malam hari.

Betapa pun sulitnya, Rubio optimistis bisa menyelesaikan penelitiannya ini secepatnya sehingga bisa mewujudkan jalan tol glow in the dark. Hasil yang sudah ada ini juga sudah dipatenkan, tinggal menunggu finalisasi hasilnya.

“Masalah terbesarnya adalah biaya, tetapi berapa pun itu, saya siap untuk menyelesaikan ini, dan optimistis. Hasil ini juga sudah dipatenkan dan diakui oleh Royal Engineering Academy of London, Inggris. Tidak ada harga yang lebih tinggi dibanding mewujudkan glow in the dark highways,” ujar Rubio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com