Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Mobil Honda Bisa Pakai Turbo?

Kompas.com - 26/05/2016, 11:04 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Tren kendaraan Honda secara global sudah mulai mengarah ke teknologi mesin turbocharger. Terbukti, sudah beberapa model anyar dibekali teknologi mesin tersebut, salah satunya di Civic yang juga sudah mulai melantai di Indonesia, sejak April lalu.

Menurut Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), ke depan, tren kendaraan Honda di dunia memang akan seperti itu. Namun, tidak semua model, sebab akan disesuaikan dengan kebutuhan, karakter atau segmen mobilnya itu sendiri.

“MPV (Multi Purpose Vehicle) mungkin tidak cocok, karena kendaraan itu fungsional. Begitu juga dengan LCGC (Low Cost Green Car), yang nantinya harganya tidak menjadi murah karena pemasangan turbo tersebut,” ujar Jonfis  di sela acara media test drive Honda Civic turbo di Bandung, Rabu (25/5/2016).

Secara teknologi, lanjut Jonfis, Honda sudah sangat siap. Sebab, dari semua kapasitas mesin, seperti 660 cc, 1.000 cc, 1.500 cc bahkan hingga 2.000 cc sudah ada yang dibekali mesin turbo dan tersemat diberbagai model.

“Jadi di Jepang mesin turbo kami sudah tersedia di semua segmen, sekarang hanya perlu mengatur, segmen mana yang harus pakai mesin turbo atau tidak,” kata Jonfis.

Jonfis melanjutkan, model seperti Civic ini yang sangat cocok menggunakan mesin turbo. Sebab, rata-rata pecinta sedan, khususnya di dunia selalu menginginkan performa maksimal. “Pengaturan segmen itu akan ditentukan oleh pihak prinsipal, mereka juga melihat apakah ada keuntungan atau tidak,” ucap Jonfis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com