Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Toyota Calya Meluncur Awal Agustus

Kompas.com - 24/05/2016, 17:38 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Setelah adanya bocoran tampilan samping dan belakang dari "Adik Toyota Avanza", kini informasi lanjutan menyusul, yakni bagian wajah. Sekilas, penampilannya mirip Vios atau Yaris, agak berbeda dengan sang "Kakak", Avanza.

Toyota menyebut desain ini "Keen Look", mobil pertama yang memakainya adalah Auris, bahasa desain yang kerap melekat pada satu generasi kendaraan, biasanya terdiri dari beberapa model.

Dengan emblem garuda, sama seperti yang melekat pada gril Agya, status mobil murah atau LCGC sudah terjawab. Otomatis, nama model ini juga akan menggunakan bahasa Indonesia, sama seperti Astra Toyota Agya. Maka dari itu, opsi namanya bisa jadi Astra Toyota Calya.

(Baca juga: Mobil Murah “Adik Avanza-Xenia” Mulai Terlihat)

Produk kolaborasi keempat Toyota-Daihatsu ini akan diluncurkan dalam waktu dekat. Persiapan produksi massal sudah dilakukan di pabrik milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sementara itu, persiapan pemasaran, pelatihan tenaga penjual, dan unsur pendukung mulai dilakukan pada pertengahan Juni 2016.

Sumber untuk Otomania.com MPV baru Toyota di kelas "mobil murah" diberi nama Calya.

Tidak tanggung-tanggung, rencananya, peluncuran duo "Adik Avanza-Xenia" ini akan dihadiri langsung oleh orang nomor satu Toyota, Akio Toyoda, cucu pendiri sekaligus Chief Executive Officer Toyota Motor Corporation di Jepang (prinsipal).

"Rencananya meluncur 2 Agustus," kata sumber dilansir Otomania, Selasa (24/5/2016).

Mobil murah kedua Toyota dan Daihatsu ini akan dibekali mesin 3NR-FE, berkapasitas 1.2 liter, sama seperti yang ada pada Etios Valco. Bedanya, mesin ini nantinya sudah berteknologi Dual VVT-i demi mengompensasi tenaga lebih besar menyesuaikan ukuran bodi yang berkonfigurasi tujuh penumpang.

Salah satu varian dipastikan menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Model ini sepertinya memang menyasar pada target konsumen utama di luar pasar tradisional, seperti Pulau Jawa dan Bali.

Namun, dengan besarnya penjualan nanti, tidak menutup kemungkinan Toyota akan mengembangkan transmisi otomatis untuk mesin ini.

IST Emblem adik Avanza ini sama seperti Agya, menunjukkan identitas kalau produk ini adalah LCGC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com