Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda: Pasar "Adik" Avanza-Xenia Kurang Gurih

Kompas.com - 24/05/2016, 15:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Bogor, KompasOtomotif -Pihak PT Honda Porspect Motor (HPM) mengaku belum tertarik ikut berjibaku di segmen mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) tujuh penumpang, seperti yang tengah disiapkan duet, Toyota dan Daihatsu. Seperti diketahui, Toyota dan Daihatsu sudah siap meluncurkan "Adik Avanza-Xenia", awal Agustus 2016.

Produk yang dilabeli D30D ini, mulai terlihat batang hidungnya. Menyandang nama Calya, bakal menjadi model LCGC kedua, hasil kolaborasi keempat, antara Toyota dan Daihatsu.

Bacar juga:Astra Toyota Calya Meluncur Awal Agustus

Menanggapi kehadiran "adik" Avanza-Xenia, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, mengatakan, kalau pasar di segmen itu sangat kecil. Sehingga, ke depan Honda tidak akan menyasar ke segmen tersebut.

"Kita lihat pasarnya itu ada di model Datsun GO+ Panca, dan memang kecil sekali permintaannya," kata Jonfis menjawab pertanyaan KompasOtomotif di sela-sela acara media test drive All New Civic di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/5/2016).

HPM Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM.
Pasar LCGC, lanjut Jonfis, besarnya di model lima penumpang, bukan tujuh penumpang. Karena, kebanyakan pembelinya itu baru pertama membeli mobil dan menginginkan mobil yang lebih kecil seperti Brio Satya dan sejenisnya.

"Kalau LCGC yang tujuh penumpang itu besarnya di luar daerah, kalau di dalam kota seperti Jabodetabel lebih memilih yang lima penumpang. Lihat saja penjualan GO+ Panca banyaknya di luar daerah," kata Jonfis.

Di segmen LCGC, Honda masih mengandalkan Brio Satya, yang notabene produk city car dan dimodifikasi agar memenuhi persyaratan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com