Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sienta Pakai Mesin Teknologi Terbaru dari Toyota

Kompas.com - 23/05/2016, 18:55 WIB
advertorial

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Sienta sudah resmi diperkenalkan Toyota Astra Motor (TAM) dan mendapat respon positif dari publik Indonesia. Sienta mengusung mesin 1,5 liter, dan kabar baiknya mesin tersebut adalah mesin baru yang belum pernah dipakai di model manapun.

Sienta menggunakan mesin tipe 2NR-FE segaris 4 silinder, 16 Valve DOHC Dual VVT-i dengan isi silinder 1.497 cc. Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 105 tk pada putaran 6.000 RPM dengan tosrsi maksimum sebesar 140 Nm pada putaran 4.200 RPM.

Kode 2NR-FE milik Sienta ini memiliki spesifikasi “F”. Ini  merujuk pada penggunaan dua camshaft atau DOHC (dual overhead camshaft). Sedangkan huruf “E” mengartikan Electronic Fuel Injection (EFI).

Mesin tersebut dipadankan dengan transmisi model CVT tujuh percepatan Sport Sequential Shiftmatic. Selain transmisi CVT, Sienta versi Indonesia juga tersedia dalam pilihan transmisi manual enam percepatan.

Mesin ini juga menggunakan aluminium sebagai material utama, sehingga diklaim lebih ringan dan irit konsumsi bahan bakar.

Beda dengan Mesin Avanza
Hal yang perlu ditekankan pada spesifikasi mesin Sienta adalah berbeda dengan mesin milik Avanza, meskipun sama-sama 1,5 liter. Avanza memang sekarang memakai mesin baru 4-silinder, 1.496cc, DOHC, Dual VVT-i dengan kode 2NR-VE.

Iwan Abdurrahman dari Technical service Division Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, model blok mesin Sienta dan Avanza memang sama, tapi bisa dipastikan komposisi komponennya berbeda. Sebut saja ada posisi saringan oli, altenator, dan koil.

Prinsip kerjanya serupa, tapi desainnya berbeda. Beda paling mencolok lainnya mesin Sienta menghadap ke depan sebab memiliki penggerak roda depan, sedangkan Avanza menghadap ke belakang karena yang digerakan mesin adalah roda belakang. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com