Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Terios Berkelana, Tujuh Wisata Flores Terlampaui

Kompas.com - 19/05/2016, 18:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Denpasar, KompasOtomotif - SUV ringkas Daihatsu Terios dirancang sebagai sahabat petualang yang siap kapan saja diajak jalan. Jejak Terios sudah mengecap medan khas empat pulau besar di Indonesia lewat program eksplorasi keindahan Terios 7 Wonders, tahun ini pembuktian kemampuan dilakukan lagi, di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Terios 7 Wonder digelar sejak 2012, terus berlanjut hingga SUV produksi Astra Daihatsu Motor (ADM) itu mengalami facelift pada 2015. Tahun ini Flores yang dipilih untuk diteliti, ADM punya target membawa Terios ke semua pulau besar di Indonesia. Sebelumnya petualangan sudah dilakukan di Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan.

Ada tiga unit Terios R Adventure (dua tipe manual dan satu otomatis) yang bakal berkelana lebih dari 700 km mengunjungi tujuh kawasan eksotis Flores. Setiap hari selama sepekan Terios akan menyambangi lokasi yang berbeda. Aktivitas sudah dimulai sejak Rabu (18/5/2016).

Febri A/KompasOtomotif Rute Terios 7 Wonders di Flores disamakan dengan Tour de Flores saat start dan finis.

Standar

Sama seperti perjalanan sebelumnya, spesifikasi ketiga mobil dipertahankan standar pabrikan kecuali roofbox sebagai bagasi tambahan.

Selain "konde" alias ban cadangan di bagian belakang, Terios juga punya salah satu komponen penanda ciri khas SUV yaitu roof rail. Kehadiran komponen itu yang membuat roof box memungkinkan terpasang. Hal itu bisa menginspirasi buat konsumen bahwa sebenarnya tidak perlu repot membenahi Terios agar jadi teman touring.

Jumlah unit Terios yang dibawa pada tahun ini lebih sedikit dari sebelumnya selalu tujuh unit. Kendati begitu bukan berarti kurang bergairah, pasalnya Terios 7 Wonders kali ini melakukan sesuatu yang berbeda yakni bergabung dengan acara balap sepeda Tour de Flores.

"Kami memutuskan tahun ini bergabung dengan kegiatan Kementerian Pariwisata yaitu Tour de Flores. Balapan sepeda itu kan tujuannya mengangkat pariwisata Flores, Terios 7 Wonder juga sama," kata Rokky Irvayandi, Executive Coordinator Domestic Marketing Division ADM saat menunggu penerbangan ke Kupang di Denpasar, Bali, Kamis (19/5/2016).

Rokky menyebut rute Terios 7 Wonders di Flores disamakan dengan Tour de Flores saat start dan finis. Catatannya, ekplorasi Terios dimulai lebih dulu sementara balapan sepeda yang diikuti ratusan peserta manca negara itu bakal digelar Kamis (19/5/2016). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com