Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponten Plus buat Kabin All New Pajero Sport

Kompas.com - 19/05/2016, 12:10 WIB

Sanur, KompasOtomotif - Sebelumnya sudah dibeberkan pembahasan soal eksterior Mitsubishi All-New Pajero Sport. Eksterior atau sisi luar dari kendaraan memang tidak bisa dinikmati langsung oleh pengendara. Beda cerita dengan sektor interior yang menjadi sektor inti buat pengendara atau penumpang, karena langsung bersentuhan saat berada di dalam kabin.

Mengusung nama "All-New", tentu saja banyak perubahan eksterior yang ditawarkan pada Pajero Sport terbaru ini. Semua didesain buat menambah poin plus pada sektor kenyamanan dan estetika kabin.

Penguji KompasOtomotif mengawalinya menjadi penumpang di baris kedua pada model Dakar 4x2. Dengan postur 175 cm, kesan lega pada ruang kaki langsung didapat. Jok baris kedua bisa diatur sudut kemiringannya guna mendapat tambahan kenyamanan.

Hanya saja sebagai catatan, ruang kepala malah terasa sempit bila kemiringan jok diatur pada posisi normal. Memang kepala tidak sampai terpentok ke atap, tapi ruang yang didapat hanya tersisa sekitar satu telapak tangan saja. Sepertinya ini dampak menebalnya bagian plafon karena adanya fitur sunroof.

Stanly/Otomania All New Pajero 2016

Cup holder ada di sisi pintu kanan dan kiri, sandaran tangan juga tersedia di bagian tengah kursi dengan catatan sedang tidak ada penumpang di tengah. Jok sendiri sudah berlapis kulit dengan balutan warna hitam.

Buat hiburan di kabin tengah, penumpang hanya bisa mengandalkan layar yang ada di bagian dasbor depan. All-New Pajero Sport versi Jepang, sudah menggunakan roof monitor buat hiburan penumpang, sayangnya versi Indonesia dihilangkan. Hiburan yang bisa diandalkan hanya suara audio dengan speaker yang ada di sisi pintu tengah.

Sementara buat kesejukan kabin, penumpang tengah tidak perlu resah karena sudah dilengkapi dengan AC double blower. Buat mengatur tingkat kesejukan juga tidak perlu meminta pada pengemudi, cukup diatur pada tombol yang ada di plafon jadi satu dengan tombol lampu kabin.

Kabin depan
Saatnya menjadi penumpang di kabin depan All-New Pajero Sport. Butuh sedikit usaha untuk masuk dan duduk di kursi depan, karena posisinya memang cukup tinggi. Ini sudah diantisipasi dengan memberikan pegangan (Assist grip) buat naik yang ada di pilar A.

Assist grip ini memang cukup membantu, tapi kurang pas secara estetika. "Jadi seperti naik truk, harus pegangan dulu," jelas rekan media saat mengomentari assist grip ini. Kesan luas juga langsung didapat saat duduk di depan. Ruang kaki lega, dan ruang kepala tidak sesempit di baris kedua.

Jok tipe seat bucket dan soft pad, dengan material yang cukup empuk. Model Dakar sudah dilengkapi dengan power seat adjuster yakni mengatur kenyamanan kursi depan secara elektrin dengan delapan arah penyetelan. Ada dua cup holder ada di depan konsol tengah, dan ruang penyimpanan yang cukup luas di dasbor.

Penguji tidak sempat melakukan pengetesan di kursi baris ketiga, karena baris ketiga dijadikan bagasi buat peyimpanan tas. Jok belakang bisa dilipat hingga menghasilkan kabin yang rata buat menambah ruang kargo.

Kesimpulann, nilai apik bisa diberikan buat kabin All New Pajero Sport, dengan ruang yang luas dan nyaman, serta ruang kargo (mengorbankan baris ketiga tentunya), yang terbilang lega.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com