Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencari Definisi Gagah pada All New Pajero Sport

Kompas.com - 18/05/2016, 09:03 WIB

Sanur, KompasOtomotif - Posisikan Anda sebagai orang yang awam dengan kendaraan, lalu bayangkan apa yang ada di benak ketika mendengar kata Mitsubishi Pejero Sport? Bisa ditebak, mayoritas jawaban adalah gagah, tanggung, keren, laki banget, atau banyak lagi idiom perpadanan kata yang mungkin artinya adalah macho.

Bicara definisi kata gagah, tangguh atau yang lainnya memang relatif bahkan cenderung subjektif. Fanatik Toyota tentu lebih memilih Fortuner sebagai yang terbaik, atau konsumen yang menggemari American style, lebih memilih Ford Everest.

Mengubah fanatisme memang sulit, tapi setidaknya ada upaya dari PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) sebagai pemegang merek Mitsubishi di Indonesia, buat menggoda konsumen dengan desain baru dari Pajero Sport.

All-New Pajero Sport sejatinya berstatus mobil yang ditujukan buat pasar global. Artinya, SUV ini tidak dikhususkan buat satu tujuan pasar saja. Konsumen Indonesia mau tidak mau atau suka tidak suka harus menerima model ini karena memang tidak khusus dirancang buat mewakili selera konsumen Tanah Air.

Mari kita bahas upaya Mitsubishi dalam mengejawantahkan definisi gagah yang tertuang dalam desain eksterior All-New Pajero Sport.  

Ada kata High Quality Design atau bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti desain berkualitas tinggi. Kualitas tinggi ini coba dihadirkan dengan desain Dynamic Shield, sebagai identitas baru kendaraan penumpang Mitsubishi, guna mengedepankan kesan bergaya dan futuristik.

Wajah depan berubah total dibandingkan dengan Pajero Sport model lawas. Bumper terlihat lebih padat dan ramai dengan penambahan aksen krom pada gril atas sampai list pembatas gril radiator dengan sisi bumper. Pendapat penguji soal wajah depan,  penggunaan krom memang bisa menambah kesan elegan kendaraan, tapi kalau terlalu banyak jadi malah tidak enak dilihat bukan?

Poin plus ada pada lampu depan yang sudah mengadopsi LED, dengan DRL (Daytime Running Light) dan auto levelling (versi Dakar) yang ketinggian lampu bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. Desain lampu ini seakan menyatu dengan grill. Versi Dakar juga disematkan washer untuk menjaga kualitas pencahayaan saat bermain tanah.

Terakhir masih di wajah depan, lampu kabut di sisi bemper yang dibuat terpisah dengan kompartemen sendiri di bagian bawah. Semuanya berpadu membuat wajah depan All-New Pajero Sport terasa penuh.

Istimewa Pelek Mitsubishi All-New Pajero Sport

Beralih ke bagian kaki atau pelek. Pembeli model Dakar bisa mendapatkan pelek alloy dua warna dengan ukuran 18 inci. Sedangkan konsumen model Exceed dan GLX hanya mendapatkan pelek alloy mirip dengan model lawas. Memang ada harga ada rupa. Pelek ini dibungkus dengan ban, yang kalau Anda beruntung bisa mendapatkan merek Toyo atau Bridgestone. Namun, bisa saja mendapatkan ban Dunlop.

Saatnya ke bagian yang paling krusial, kombinasi lampu belakang (bagaimana menurut Anda?) Model lampu LED yang disebut Mitsubishi unik dan berkarakter dengan desain memanjang ke bawah.

Istimewa Lampu belakang All-New Pajero Sport

KTB sempat mengajak awak media berkendara di malam hari buat melihat "keindahan" lampu belakang All-New Pajero Sport ini. Poin positifnya, bila dilihat dari belakang akan langsung tahu bahwa ini Pajero Sport terbaru. Lalu negatifnya, desain lampu panjang ini malah mirip dengan lampu belakang bus malam (AKAP) yang biasanya suka dengan model memanjang.

Kembali ke pembahasan di awal artikel, bicara desain gagah, keren dan lain sebagainya, tentu saja balik ke soal selera. So, take it or leave it!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com