Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Baru Ford Kecoh Kuping Pengemudi

Kompas.com - 11/05/2016, 08:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Michigan, KompasOtomotif – Salah satu cara membuat mesin mobil semakin efisien bahan bakar yakni dengan mengurangi kapasitas ruang bakar, misalnya memangkas jumlah silinder plus menambahkan turbo seperti yang dilakukan Ford pada EcoBoost. Namun, dampak dari aplikasi itu membuat suara mesin berkurang hingga kenyataannya pemakaian mobil malah boros.

Menurut para insinyur Ford, suara memengaruhi prilaku pengemudi untuk irit bahan bakar. Suara yang berkurang, misalnya pada mesin 3-silinder, cenderung membuat pengemudi mengganti gigi pada putaran relatif tinggi berdasarkan suara mesin.

Solusinya ada dua menurut Ford, yakni membuat mesin bisa menghasilkan suara buatan seperti lebih dari kapasitas asli silinder atau membuat alat penghasil suara mesin buatan. Paten soal metode itu telah terdaftar di Amerika Serikat berjudul Increasing the number of cylinders in an internal combustion engine in a virtual fashion.

Ford sudah pernah membuat suara mesin buatan pada muscle car Mustang bermesin 2.3L EcoBoost. Suara lebih keras buat memicu adrenalin pengemudi, tapi beda dibanding itu paten ini punya tujuan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com