Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Lahir, Pesaing Honda BR-V dari Nissan

Kompas.com - 05/05/2016, 07:57 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Rio de Janeiro, KompasOtomotifCrossover baru Nissan Kicks yang masuk di kelas yang sama dengan Honda BR-V dan Mazda CX-3 resmi diperkenalkan di Brasil, Senin (2/5/2016). Penjualannya produk global ini dimulai dari Brasil pada Agustus, kemudian kawasan Amerika Latin lainnya menyusul. Nantinya, Kicks dijual di 80 negara di seluruh dunia.

Pasokan unit awal untuk Brasil disuplai dari pabrik Nissan di Aguascalientes, Meksiko. Tapi setelah pabrik baru di Rio de Janeiro, Brazil, mulai bisa beroperasi penuh, Kicks kan diproduksi di dalam negeri. Fasilitas hasil investasi 192 juta dollar Amerika Serikat itu memang disiapkan Nissan buat menyambut penjualan Kicks.

AutoExpress Nissan Kicks diduga sebagai pengganti Nissan Juke.
Konsep Kicks awalnya muncul di pameran otomotif Sao Paulo pada 2014. Dibanding konsep, versi produksinya tidak terlalu jauh beda.

Kicks memiliki panjang 4,295 m, lebar 1,76 m, tinggi 1,59 m, dan jarak poros roda 2,61 m. Kunci detail penampilan Kicks yaitu lampu depan dan belakang bersain bumerang, gril V Motion dan gaya atap melayang beda warna.

AutoExpress Nissan Kicks bagian interior.
Fitur unggulan yang dimiliki Kics yaitu Around View Monitor dan Moving Object Detection. Belum ada keterangan resmi dari Nissan tentang sistem gerak, tenaga penggerak, dan transmisi. Bisa jadi Nissan menunggu unit produksinya benar-benar ada.

Dugaan sementara Kicks hadir untuk menggantikan Juke yang sampai sekarang belum beralih ke generasi kedua, tapi lagi–lagi tidak ada konfirmasi soal itu dari Nissan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com