Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Diesel Baru BMW dengan 4 Turbo

Kompas.com - 03/05/2016, 07:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Vienna, KompasOtomotif – Mesin diesel digadang jadi salah satu penyebab polusi udara di Eropa, citranya makin negatif setelah “dieselgate” Volkswagen ketahuan di Amerika Serikat. Meski begitu bukan berarti pengembangan buat mesin nyala kompresi ini selesai, BMW baru saja merilis debut mesin diesel terbaru mereka dengan empat turbo.

Pengenalan pertama mesin 6-silinder 3.0L yang menghasilkan 394 tk dan torsi 760 Nm itu dilakukan di Vienna Motor Symposium, Senin (2/5/2016). Detail lengkap belum tersedia, namun menurut bimmerpost.com bila mesin itu digunakan pada seri 7 sanggup melesat 0 – 100 kpj hanya dalam 4,5 detik.

Mesin punya empat turbocharger, dua di antaranya untuk tekanan tinggi sedangkan dua sisanya untuk tekanan rendah. Mesin ini bakal menggantikan mesin 6-silinder 3.0L dengan tiga turbocharger yang sudah digunakan pada model tertinggi BMW, misalnya 750 d xDrive.

Mesin tiga turbo itu menghasilkan 381 tk dan 740 Nm, konfigurasinya dua turbo untuk tekanan rendah dan satu tekanan tinggi. Mesin empat turbo dikatakan lebih menghasilkan tenaga dan torsi lebih besar tapi semakin irit sekitar 5 persen.

Dikatakan juga mesin baru empat turbo ini bakal ditempatkan di kap mesin model performa BMW M Performance seperti M550d berbasis Seri 5 dan M50d dari X5 dan X6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com