Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Esemka Tahun Ini Mengaspal

Kompas.com - 03/05/2016, 07:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Mobil bermerek nasional, Esemka, sudah dalam proses perizinan produksi di Kementerian Perindustrian. Pihak PT Adiperkasa Cipta Esemka Hero (ACEH) produsen mobil Esemka, akhirnya memberikan kejelasan terkait hal ini.

Melalui perwakilannya, Hosea Sanjaya, Managing Director PT ACEH mengatakan, mobil Esemka akan masuk produksi pada akhir tahun 2016. Bukan hanya diproduksi, mobil Esemka diyakini juga akan banyak beredar di jalan-jalan Indonesia pada kuartal IV.

“Dalam kuartal IV tahun ini, produk Esemka sudah banyak ditemukan di jalan. Ini karena sudah mulai jalan produksinya di Cileungsi, Bogor,” Hosea Sanjaya, yang juga merupakan Presiden Direktur Geely Mobil Indonesia, Senin (2/5/2016).

Hosea melanjutkan, saat ini segala peraturan dan perizinan, sedang dalam proses, dan akan segera diselesaikan. Hosea menginformasikan, kalau posisi Presiden Direktur di PT ACEH diisi oleh AM Hendropriyono.

Terkait dengan komposisi komponen yang ada di Mobil Esemka, Hosea belum memberi tahu angka perbandingan, antara lokal dan impor. Sementara untuk kapasitas produksi untuk satu tahun, mencapai 30.000 unit.

 “Kapasitas produksi yang dirancang saat ini hingga 30.000 unit per tahun. Kandungan lokal cukup signifikan, dan seiring dengan waktu, produksinya akan dalam negeri semua akhirnya, begitu harapan kita,” ujar Hosea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com