Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos F1 Ejek Kaca Depan di Mobil Balap

Kompas.com - 02/05/2016, 15:33 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sochi, KompasOtomotif – Penampilan pertama sistem pelindung kokpit Red Bull Racing di mobil Daniel Ricciardo saat sesi latihan GP Rusia, Jumat (29/4/2016), ternyata ditanggapi negatif oleh bos Formula Satu (F1), Bernie Ecclestone.

Ecclestone sedikit mengejek, dia bilang bakal lebih banyak pit stop karena kaca depan mobil sesekali harus dibersihkan. Pelindung yang dinamakan Aeroscreen itu adalah desain kedua setelah Ferrari menunjukan “Halo” awal tahun ini.

Carscoops "Posting" dari akun pribadi Lewis Hamilton tentang ekspresinya pada Halo alias pelindung kepala yang digunakan Ferrari.
“Tidak terlalu. Saya tidak suka semuanya,” kata Ecclestone ketika ditanya Motorsport.com apakah ia lebih memilih Aeroscreen atau Halo, Minggu (1/5/2016).

Sistem pelindungan kokpit didasari atas potensi kepala pebalap terbentur benda melayang ketika balapan. Benda itu bisa apa saja, terutama bagian mobil yang copot.

Ecclestone mengingatkan saat sesuatu, misalnya ban, lepas dari mobil depan lantas mengenai mobil di belakangnya, saat kondisi itu terjadi kedua mobil dalam keadaan bergerak. Kasusnya berbeda untuk perlindungan mobil ketika diam lantas dilempari dengan ban.

Regulator F1, FIA, rencananya bakal memutuskan apa yang harus dilakukan tim terkait perlindungan kepala pebalap itu pada 1 Juli dan masuk dalam regulasi 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com