Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua "Mobnas" Esemka Sudah Lulus Uji Tipe

Kompas.com - 30/04/2016, 12:54 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Mobil bermerek nasional, Esemka, semakin jelas nasibnya setelah dipinang oleh PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL), yang merupakan perusahaan milik AM Hendropriyono.

Sebelumnya, nama Esemka yang digawangi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) terdengar ke seluruh masyarakat Indonesia saat diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo ketika menjadi Wali Kota Solo pada 2012 lalu. Namun, setelah itu, kabar tentangnya hilang.

Saat ini, mobil yang digadang akan menjadi produk dalam negeri tersebut ternyata sudah masuk dalam daftar kendaraan yang sudah siap untuk diproduksi secara massal oleh perusahaan gabungan ACL dan SMK, PT Adi Citraperkasa Esemka (ACE).

Dewanto, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Kementerian Perhubungan mengatakan, semua mobil Esemka sudah lulus uji tipe.

"Mobil Esemka sudah lulus semua, sekarang sedang dalam proses sertifikasi. Iya benar, sudah bisa diproduksi massal, dan proses selanjutnya ada di Kementerian Perindustrian. Insya Allah minggu depan," ujar Dewanto kepada KompasOtomotif, Jumat (29/4/2016).

Dewanto mengatakan lebih lanjut kalau "mobnas" yang didaftarkan atas nama Esemka itu berjumlah 5 unit. Namun, saat ditanyakan mengenai jenis-jenisnya, Dewanto memilih untuk tidak menjawab.

"Ada 5 unit. Kalau terkait jenisnya apa saja, saya belum bisa menginfokan," tutur Dewanto.

PT ACE saat ini memiliki dua pabrik yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah, seluas 13 hektar, dan di wilayah Cileungsi dengan luas lebih dari 25 hektar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com