Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

EcoBlue, Teknologi Diesel Teranyar Ford

Kompas.com - 27/04/2016, 11:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis

London, KompasOtomotif – Ford Motor Company telah meluncurkan varian mesin diesel terbaru, yakni EcoBlue. Serupa seperti EcoBoost, teknologi yang ditanamkan bisa membuat mobil hemat bahan bakar minyak (BBM), namun tetap memiliki tenaga yang mumpuni.

Diberitakan laman Worldcarfans, Rabu (27/4/2016) mesin diesel EcoBlue berkapasitas 2.0-liter. Namun, pilihan tenaganya berbeda-beda, dimulai 105 tk, 130 tk dan 170 tk. Rencananya akan disematkan di kendaraan komersial atau pikap kabin ganda Ford di masa mendatang.

“Mesin diesel terbaru ini menawarkan efisiensi bahan bakar dan menghasilkan CO2 lebih rendah 10 persen dari biasanya. Mesin bensin kita punya EcoBoost, dan diesel kini tersedia EcoBlue,” ujar Jim Farley, Chairman dan CEO Ford Eropa.

Bukan hanya itu, produsen asal Amerika Serikat (AS) ini mengklaim teknologi mesin diesel terbarunya itu menghasilkan emisi udara rendah dan sudah memenuhi standar euro VI. Tingkat kebisingan juga dibuat berkurang, sehingga tidak seperti diesel lainnya.

Menariknya lagi, mesin yang dikembangkan oleh tim engineering di Inggris dan Jerman itu akan tersedia untuk kendaraan penumpang, tetapi, kapasitasnya lebih kecil, yakni 1.5-liter. Namun, belum bisa diketahui berapa besaran tenaga dan torsinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com