Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mulai Ekspor Innova dan Fortuner Baru

Kompas.com - 27/04/2016, 07:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Selasa (26/4/2016), mengaku telah mengekspor 16.700 unit mobil secara utuh (completely built up/CBU) selama Maret 2016. Sebesar 46 persen (16.700 unit) dari itu ialah generasi baru SUV Fortuner dan MPV Innova.

Setelah sempat terhenti sejak tahun lalu, distribusi dua model proyek International innovative Multi-purpose Vehicle (IMV) itu akhirnya terlaksana lagi mulai Maret. Ekspor Fortuner mencapai 5.700 unit sedangkan Innova sebanyak 1.900 unit.

Kedua model itu dikirim ke pasar luar negeri di kawasan Asia-Pasifik, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Toyota investasi triliunan rupiah untuk produksi Fortuner dan Innova.
“Hampir separuh dari total ekspor disumbangkan oleh model IMV. Hal ini menunjukan bahwa kendaraan ini merupakan model global yang juga disukai di banyak negara. Kami sangat bangga bahwa Kijang Innova dan Fortuner made in Karawang bisa dinikmati bukan hanya oleh konsumen dalam negeri tetapi juga konsumen di pasar global,” ucap I Made Dana Tangkas, Direktor Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, dalam siaran resmi.

Di luar Fortuner dan Innova, sebesar 54 persen ekspor CBU TMMIN pada Maret lalu merupakan model lain, yaitu Vios, Yaris, Avanza, Agya, dan Town/Lite Ace.  

Bukan cuma CBU, pada Maret TMMIN juga mengirimkan kendaraan completely knock down (CKD) sebanyak 3.400 unit, mesin utuh tipe TR sejumlah 4.200 unit, dan 6,4 juta unit komponen kendaraan.

Pada 2015 total ekspor CBU TMMIN 176.737 unit, sumbangan terbesar datang dari Vios, diikuti Fortuner, Innova, dan Yaris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com