Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Siapkan Pelumas Baru untuk Diesel

Kompas.com - 25/04/2016, 07:41 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Seiring dengan hadirnya bahan bakar minyak (BBM) Dexlite, PT Pertamina Lubricants juga tengah menyiapkan pelumas baru untuk mesin diesel. Pertamina mengklaim, varian terbarunya itu bakal lebih encer dan berteknologi lebih modern.

Eko Ricky Susanto, Brand PCO and Specialist Manager Retail Marketing PT Pertamina Lubricants, menjelaskan, pelumas tersebut dihadirkan guna menjawab teknologi mesin diesel yang semakin berkembang. Sekarang ini, formulanya sudah ada, dan hanya tinggal menunggu waktu tepat untuk meluncurkannya ke pasar.

“Pelumas mesin diesel yang sekarang ini SAE 15W-40, yang jelas lebih encer, belakangnya 30, kita tinggal menentukan depannya mau berapa,” ujar Eko di Bandung, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Meski formulanya sudah tersedia, lanjut Eko, waktu peluncurannya belum bisa dipastikan. Sebab, ada beberapa hal lagi yang harus diselesaikan, termasuk pengujian internal.

“Peluncurannya tunggu saja tanggal mainya dan kenapa kita hadirkan pelumas yang lebih encer, karena  teknologi mesi diesel sekarang ini sudah lebih modern. Bahan bakar sudah kita sediakan yang lebih baik (Dexlite), sekarang tinggal kita sediakan olinya,” kata Eko.

Sementara itu, Budi Surhayanto, Marketing Communication Manager PT Pertamina Lubricants, menambahkan, pemilihan namanya akan menggunakan Fastron. Sebab, pelumas tersebut memiliki dan untuk mesin diesel berteknologi tinggi.

“Kalau di kita, pelumas yang khusus berteknologi tinggi dan modern kita namakan Fastron, kalua yang biasa saja, masuk dalam golongan Prima XP dan lainnya,” kata Eko di tempat yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com