Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeep Cherokee XJ 1997 Bisa Hidup di Dua Alam

Kompas.com - 20/04/2016, 20:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Dunia off-road bagi para pecintanya menjadi sebuah ajang hiburan tersendiri. Makin menantang medannya, makin asik untuk dilalui, karena itu tidak heran bila mobil yang digunakan juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengimbangi hobi tersebut.

Ida Bagus Raditya Kusuma menjadi salah atu pecandu off-road. Untuk bisa memenuhi hobinya, ia rela merombak Jeep Cherokee XJ 1997 Limited kesayangannya, dibuat menjadi kendaraan tempur untuk menghadapi medan menantang.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Jeep Cherokee XJ

Uniknya, perubahan yang dilakukan Didit sapaan akrabnya tidak sampai menghilangkan tampilan orisinal dari SUV keluaran Amerika tersebut. Secara tampilan, Cherokee berbodi kotak tersebut masih standar, lengkap dengan semua atribut bawaan pabrik.

"Saya dapat mobil ini sekitar lima tahun lalu di depan rumah teman. Kondisinya tidak terurus dan teronggok seperti tidak pernah dipakai, setelah beberapa waktu dapat kabar ternyata mau dijual, langsung saya tawar tanpa nunggu lama. Konsepnya ke arah mobil off-road 1990 an yang long lasting," ucapnya yang enggan menyebutkan harga beli mobil tersebut kepada KompasOtomotif beberapa waktu lalu.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Jeep Cherokee

Mengakali agar tampilan tetap standar, maka aksesori dan part aftermakerket banyak digunakan. Baik untuk mendongkrak sisi tampilan sampai urusan performa dikaki-kaki dan mesin.

Kaki-kaki
Hal yang paling menarik adalah dan diklaim Didit sebagai salah satu yang unik ada pada sektor kaki-kakinya. Guna membuat pijakan yang kekar serta menambah tinggi area ground clearance dari mobil maka ia membenamkan Skyjacker lift kit yang terdiri dari bracket drop arm, lower arm, upper arm, coil spring, quick disconnect link stabilizer, trackbar, dan long tieroad.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Jeep Cherokee

"Ground clearace tambah sekitar 6 inci, selain itu juga bisa aplikasi ban ukuran 35 tanpa ada kendala mentok dan lainnya. Untuk barang aftermarket karena supaya tidak repot harus kustom-kustom," ucapnya.

Penggunaan Skyjacker yang sudah dilengkapi dengan adjuster link arm juga membuat handling mobil lebih ampuh di permukaan yang tidak rata. Selian itu, hal ini juga membuatnya makin pede melahap segala medan.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Jeep Cherokee

Masuk ke interio, tampilan standar juga masih mendominasi. Mulai dari sektor dasbor, panel instrument, bahkan sampai kulit lapisan jok. Agar lebih modern, perangkat audio keluaran Pioneer juga dibenamkan lengkap bersama instalasi penunjang di bagasi belakang.

Mesin
Untuk sektor mesin, Radit melakukan perubahan dengan menurunkan kapasitas mesinya. Kapasitas Power Tech dari 4.500 cc diturunkan mejadi 4.000 cc, ditambah dengan perubahan rasio final gear menggunakan Nitto agar akselerasi dan tenaga lebih imbang.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Jeep Cherokee

Sedangkan guna menunjang tenaga mesin agar lebih terukur, piggyback Unichip Type Q dan Dastek ikut diaplikasi. Selain itu sistem pernapasan juga sudah diperkuat dengan perangkat dari K&N.

"Saya modifikasi bukan hanya untuk tampilan saja, tapi mobil juga sering dipakai main lumpur di beberapa lokasi. Mobil ini juga tidak jarang saya pakai untuk harian ke kantor, kalau masalah bahan bakar tidak usah ditanyakan lah," ucapnya.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Jeep Cherokee XJ

Data spesifikasi :

Engine:
- Power tech 242 engine. 4000cc
- Big Intake air flow (Country)
- Intake Air Filter (Country)
- D-power Intake Adaptor
- D.U.I Performance Ignition &
  FireWire spark plug wires
- Dastek Piggyback Unichip type Q
- K&N Air Filter
- K&N Breather Filter
- Long Ranger Tank Extention
  (Dual Tank)
- Borla Exhaust
  (Header, cat back & tail pipe)

Exterior:
- ARB Front Bumper
- Kaymar Rear Bumper
- Bushwacker Flat Fender
- Winch Warn 9.5Xp
- Antenna GME Electrophone
  (Dual Band)
- Spotlight: ?-Warn SDB 160 (bumper)
- Warn H.I.D Lights
- Warn W610 Single Light (rear)
- Active Snorkel : Safari Snorkels
- Rock slider by Custom

Suspension & Wheels:
- Walker Evans with Reservoir suspension
- Lift Kit (bracket drop arm, lower arm, upper arm, coil spring, quick disconnect link stabilizer, trackbar, & long tierod) by Skyjacker.
- Limiter Strap by Mastercraft
- Shock Steering by Profender
- Tie Rod & Long Tie Rod by Skyjacker
- Wheels Onroad:
   Centerline Hellcat +
   35x10.5R15 Maxxis Bighorn (5 Pcs)
- Front ARB Airlocker
- Nitto Final Gear (ratio 1;488)

Interior & Sound System:
- Head Unit by Pioneer
- Front & Rear Speaker by ADS Italy
- Power by Orion
- Yaesu Radio Receiver
 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com