Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beijing Motor Show Jadi Tempat Kelahiran “Macan Palsu”

Kompas.com - 18/04/2016, 11:29 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Beijing, KompasOtomotif – Belum selesai kasus LandWind X7 yang dianggap Jaguar Land Rover (JRL) menjiplak Range Rover Evoque, kini satu lagi pabrikan asal China, Zotye International Automobile Tradin Co Ltd (Zoyte Auto), yang siap bersiap menelurkan versi “KW” Porsche Macan.

Model tiruan itu kini dinamakan SR8, sebelumnya, saat mobil masih dalam tahap awal produksi diketahui bernama T700. Seperti terlihat pada foto, tampang SR8 jelas meniru gaya eksterior SUV Porsche yang dinamakan dengan bahasa Indonesia itu. SR8 telah disetujui dipasarkan di China.

Febri Ardani Porsche Macan meluncu di Indonesia, Kamis (5/6/2014).
SR8 menggunakan mesin bensin 4-silinder 2.0L turbo dari Mitsubishi, tenaganya mencapai 190 tk. Terdapat dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis kopling ganda 6-percepatan.

Car Advice Zoyte SR8 dinilai mirip Porsche Macan.
Sebelum mulai dijual Zotye bakal memamerkan SR8 untuk pertama kalinya di dunia pada Beijing Motor Show yang digelar 29 April – 4 Mei 2016. Sama seperti JRL yang tidak berdaya menahan X7 muncul ke publik, sepertinya tidak ada satupun sesuatu yang bisa dilakukan Porsche mencegah SR8 lahir.

JRL pernah protes keras ke pemerintah China atas usaha LandWind, namun tidak pernah ditanggapi serius. Hal ini juga menimbulkan kecurigaan aksi plagiat lintas merek antar negara memang didukung pemerintah China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com