Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Mobil Kuno Siap “Disiksa” Sejauh 3.715 Km

Kompas.com - 16/04/2016, 17:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) akan melakukan touring dari Jakarta hingga Sabang, Pulau Weh, Aceh. Kegiatan bertajuk “Jejak Roda Petualang” itu siap dimulai pada 4 Mei hingga 15 Mei 2016 dan diikuti oleh 30 mobil kuno dari berbagai merek.

Ketua Umum PPMKI Rony Arifudin menjelaskan, touring ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan setiap tahun sejak 1979 silam. Kali ini, tempat yang dituju adalah Sabang karena sekaligus napak tilas. Puluhan tahun lalu, pengurus PPMKI pernah berkunjung ke tempat sama.

“Kami juga akan melakukan kegiatan sosial di berbagai daerah, termasuk meresmikan pengurus daerah. Kami juga akan mampir ke beberapa tempat wisata di daerah yang kami lewati,” ujar Rony di stan mobil kasik di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (16/4/2016).

Aditya Maulana, KompasOtomotif PPMKI

Di tempat yang sama, Jimmy Syamsudin, Wakil Ketua Umum PPMKI, menambahkan, perjalanannya dimulai dari Jakarta dan berhenti di Bandar Lampung, etape selanjutnya Lampung-Palembang, berlanjut ke Jambi-Muara Bungo, Bukit Tinggi-Sibolga, Prapat-Tapak Tuak, hingga ke Banda Aceh dan berakhir di Sabang.

“Setelah itu nanti mobil akan di kirim ke Jakarta, peserta yang jumlahnya 100 orang akan naik pesawat. Agar aman dan nyaman, kita juga dikawal oleh polisi,” kata Jimmy.

Selain itu, sebelum perjalanan dimulai, semua mobil yang ikut akan dicek semua fungsinya. Jika tidak ada yang sesuai dengan standar maka harus diperbaiki sampai benar-benar normal dan bisa berjalan jauh.

“Kami juga selama di perjalanan membawa mobil towing. Namanya mobil tua, pasti ada saja kendala, makanya kami siapkan teknisi dan lainnya. Mobil paling tua yang ikut yaitu produksi 1948,” ujar Jimmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com