Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Bangkok

Ini Kunci Layanan Purnajual Volvo

Kompas.com - 09/04/2016, 15:42 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif - Keseriusan Volvo Trucks dalam mengembangkan pengetahuan dan kemampuan para karyawan, termasuk mekanik, nantinya akan berdampak positif terhadap keberhasilan bisnis perusahaan. Hal itu dinyatakan oleh dua petinggi perusahaan itu dalam keterangan pers pada rangkaian penyelenggaraan Volvo International Service and Training Award (VISTA) 2016 untuk wilayah Asia Pasifik.

President of Volvo Trucks Asia Pacific Jacques Michel mengatakan, pelayanan purnajual merupakan hal yang sangat penting, bahkan mencapai 25 persen pendapatan Volvo Trucks. Dukungan dan perhatian yang diberikan oleh perusahaan kepada para konsumen akan membuat mereka puas.
 
“VISTA bukan hanya kompetisi antar-mekanik, melainkan juga program pelatihan yang luar biasa karena melibatkan lebih dari 18.000 partisipan. Bahkan, ini program pelatihan karyawan yang terbesar di dunia di antara para produsen otomotif. Selain pengembangan kemampuan, VISTA juga berhubungan dengan nilai pokok perusahaan, yaitu keselamatan dan keamanan, untuk melindungi konsumen,” ucap Jacques Michel, Kamis (7/4/2016) di Bangkok, Thailand.
 
Ketika ditanya mengenai pengaruh program pelatihan mekanik terhadap pemasukan perusahaan, Jacques mengatakan bahwa dua hal itu sangat berhubungan.
 
“Yang pertama, jika puas terhadap perbaikan truk yang rusak maka konsumen akan datang lagi, dan kembali mendatangkan pemasukan. Melalui pelatihan ini, selain mengembangkan kemampuan mekanik, juga menjalin hubungan jarak jauh antara perusahaan dan ratusan diler yang ada di dunia, termasuk Asia Pasifik,” tutur Jacques Michel.
 
Hal yang kedua, Jacques menambahkan, jika mekanik bisa memperbaiki truk dengan benar sehingga bisa dikendarai lagi, maka di kemudian hari jika truk itu rusak, konsumen akan kembali. Namun, jika mekanik tidak bisa memperbaiki truk yang rusak itu, kemudian truk itu tidak bisa dipakai lagi dan didiamkan begitu saja, sehingga tidak ada pemasukan buat perusahaan.
 
Dari dua hal tersebut, kompetensi dan keahlian mekanik menjadi kunci bagi layanan purnajual perusahaan untuk memuaskan konsumen sehingga nantinya akan terus memberikan pemasukan buat perusahaan. Hal itu yang membuat Volvo Trucks tidak pernah berhenti menyelenggarakan VISTA sejak diadakan pada tahun 1957.
 
Hal yang sama disampaikan oleh Vice President Aftermarket Volvo Trucks Asia Pacific Filip Van den Heede. Menurut dia, program pelatihan para mekanik berdampak positif terhadap pemasukan perusahaan.
 
“Sebagai gambaran, dari satu transaksi penjualan, kemudian ada lebih dari lima kali perbaikan, dan hal itu berlangsung selama bertahun-tahun. Tentunya akan terus memberikan pemasukan untuk perusahaan. Jadi kuncinya yaitu keahlian mekanik dalam memperbaiki truk yang rusak,” kata Filip Van den Heede, Kamis siang di Bangkok, Thailand.
 
Filip menambahkan, penyelenggara membuat enam station dalam VISTA itu bermaksud agar mekanik bisa mengikuti perkembangan teknologi terkini. “Juri bisa melihat reaksi mekanik terhadap teknologi kendaraan yang makin rumit dan cara mereka memperbaiki truk yang rusak itu,” lanjut Filip.
 
Maka dari itu, Volvo juga mengirimkan mekaniknya ke pusat pelatihan untuk mengatasi kesenjangan teknologi antara negara-negara di Asia dan Eropa. Selain itu, di China dan beberapa negara di Asia, Volvo bekerja sama dengan sekolah-sekolah kejuruan untuk mendapatkan siswa yang berbakat dan berkompetensi menjadi mekanik yang andal dan berkualitas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com