Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Pangkas Birokrasi Demi Investasi Otomotif

Kompas.com - 09/04/2016, 14:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Indonesia mesti mempercantik diri biar menarik perhatian para investor otomotif untuk menambah produksi kendaraan di dalam negeri. Menteri Perindustrian Saleh Husin berujar pemerintah akan membantu dengan memberikan kemudahan-kemudahan dari berbagai aspek.

Kendati tidak dijelaskan rinci, Husin menjelaskan insentif dari pemerintah berupa kebijakan fiskal dan non-fiskal. Nantinya hal itu akan mendorong investor mau masuk ke Indonesia.

“Misalnya berbagai macam birokrasi yang dihapus. Itu kan salah satu insentif,” ujar Husin saat mengunjungi Indonesia international Motor Show yang digelar di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/4/2016).

Sebelum memutuskan menggenlontorkan dana buat investasi, penanam modal tentu butuh visibilitas keuntungan. Di sinilah peran pemerintah mengatur alur agar jadi simbiosis mutualisme.

“Kalau investor, mereka kan hitung-hitungan. Kalau merasa untung kan mereka pasti melakukan investasi tapi saat ini ya tentu pemerintah memberikan kemudahan-kemudahan dari berbagai aspek sehingga orang tertarik untuk berinvestasi di Indonesia,” ujar Husin.

Harapan menteri Indonesia bukan hanya jadi memproduksi buat domestik tapi juga sebagai pemasok ke pasar dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com