Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Honda Cuma Pasarkan Satu Varian Civic?

Kompas.com - 09/04/2016, 13:09 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif –Setiap merek mobil punya strategi berbeda di tiap-tiap negara yang disambanginya. Hal serupa berlaku untuk Honda ketika memasarkan generasi terbaru Civic di Indonesia. Sedan kecil ini hanya tersedia dalam satu varian pilihan, yakni  1.5 liter VTEC Turbo.

Padahal, Honda sesungguhnya punya dua varian kedua, 1.8 liter i-VTEC yang dipasarkan dinegara produsen Thailand. Sedangkan, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Honda di Indonesia, hanya mengandalkan satu pilihan, yakni 1.5-liter turbo.

“Kita bisa saja sebenarnya menjual keduanya, namun hasil surveinya masyarakat terutama pecinta sedan lebih suka dengan mesin turbo karena adrenalinnya lebih terpacu,” ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy saat berbincang dengan KompasOtomotif, di booth Honda, IIMS 2016, Jumat (8/4/2016).

Lanjut Jonfis, dengan teknologi turbo, para pecinta sedan bisa merasakan sensasi berkendara yang luar biasa. Kapasitas mesin kecil, namun tenaga tetap besar serta irit bahan bakar minyak (BBM).

“Jadi kita hadirkan produk yang diinginkan oleh masyarakat saja. Untuk apa kita hadirkan yang 1.8-liter juga, karena tenaga yang 1.5-liter turbo setara dengan mesin di atas 2.0-liter,” kata Jonfis.

Otomania/Setyo Adi All New Honda Civic Turbo di pameran IIMS 2016

Berkat turbo, Civic generasi kesepuluh itu memiliki tenaga 174 dk @5.500 rpm dan torsi 220 Nm @1.800 -5.000 rpm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi CVT yang diklaim lebih halus.

Selain mesin baru, Civic juga punya tampilan baru. Paling terlihat dari desain kap bagasi yang membuat desainnya kini seperti bukan murni sedan, melainkan mirip model lift-back, semacam Hyundai Avega.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com