Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenperin Masih “Gantung” aturan LCE

Kompas.com - 09/04/2016, 08:21 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Wacana penetapan aturan mobil ramah lingkungan, Low Carbon Emission (LCE) masih belum jelas titik temunnya. Pemerintah masih menggantung LCE, sebagai lanjutan dari program Low Cost Green Car (LCGC), yang sudah berjalan sejak 2013.

Selain punya tujuan ke arah penjualan (karena harganya yang murah karena potongan insentif dan tidak terbebani pajak), aturan ini juga ditujukan untuk menekan konsumsi bahan bakar, serta menurunkan emisi gas buang, sehingga ramah lingkungan.  

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, Kemenperin tentu berharap ke depannya emisi kendaraan bermotor bisa semakin turun. Seperti pengalaman LCGC, selain emisi yang rendah, juga bisa mendobrak penjualan.

“Intinya Kemenperin ingin ke depannya, emisi kendaraan bermotor semakin berkurang. Saat ini seperti produk LCGC yang saat ini cukup bagus dan penjualannya memang tinggi,” ujar Saleh Husin, Jumat (8/4/2016).

Kemenperin melanjutkan, terkait dengan kapan aturan LCE dijalankan, dirinya tidak bisa memastikan. “Kami terus mendorong kendaraan diproduksi dengan beremisi rendah, progresnya sudah mengarah ke sana. Namun memang tidak kami dorong secepatnya, dan paling tidak secara bertahap,” ujar Saleh Husin.

Landasan penerbitan LCGC sebelumnya mengacu pada Peraturan Meneteri Perindustrian Republik Indonesia, Nomor 33/M-IN/PER/7/2013 kemudian dilengkapi Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013. Bisa jadi untuk LCE juga akan menggunakan payung yang sama.

Jika LCGC pernah menuai kontroversi di awal kemunculannya, apakah hal serupa akan terjadi pada LCE? Kita lihat saja nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com