Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Serep Toyota Sienta Berbeda Ukuran

Kompas.com - 08/04/2016, 12:12 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu hal penting untuk diketahui calon konsumen yang kepincut Toyota Sienta yaitu MPV produksi lokal ini membawa ban cadangan lebih kecil dari ukuran ban aslinya. Artinya, bila ban cadangan dipakai tidak bisa digunakan untuk jangka waktu lama.

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Model terbaru Toyota untuk Indonesia, Sienta diperkenalkan di IIMS 2016.
Ukuran ban cadangan lebih kecil bisa saja ditawarkan dan tidak melanggar Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum. Selain itu juga selaras dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

Pada PP Pasal 47 (2) dijelaskan, ban cadangan dapat memiliki lebar tapak yang berbeda dengan ban yang terpasang pada kendaraan tersebut tetapi memiliki diameter keseluruhan sama.

Febri Ardani/KompasOtomotif Ban cadangan Toyota Sienta ukuran 16 inci 195/55 pada tipe Q (kiri) dan 15 inci 185/60 pada tipe E (kanan).
Pilihan ukuran ban Sienta di Indonesia ada tiga, yakni 15 inci 185/60 (tipe E dan G), 16 inci 195/50 (tipe V), dan 16 inci 195/55 (tipe Q). Menurut data spesifikasi pada brosur, ban cadangan yang tersedia disesuaikan dengan dua diameter yakni 15 inci dan 16 inci.

Febri Ardani/KompasOtomotif Ukuran ban cadangan Sienta 105/70 diameter 16 inci.
Pantauan KompasOtomotif dari empat unit Sienta yang ditampilkan di stan Toyota Astra Motor di Indonesia International Motor Show 2016, semuanya membawa ban cadangan. Namun ukurannya seragam 16 inci dengan spesifikasi 105/70.

Ban serep itu tentu tidak masalah buat tipe V dan Q karena diameternya sama seperti ban terpasang, tapi bisa jadi masalah di jalanan bagi pemilik tipe E dan Q yang pakai ukuran 15 inci terpasang. Bila ketauhan melanggar dengan membawa ban cadangan beda ukuran sanksinya pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Darurat

Ban serep Sienta lokasinya di bawah lantai kabin paling belakang. Buat mengeluarkannya jok baris ketiga harus dilipat ke depan, lantas ban bisa dikeluarkan.

Ban cadangan dengan ukuran lebih kecil status penggunaannya hanya sementara, jadi harus diganti secepatnya dengan ukuran yang sama seperti ban aslinya. Perlu diperhatikan tinggi mobil berubah saat menggunakan ban cadangan lebih kecil.

Selain itu disarankan manufaktur, mobil tidak melewati jalan berpermukaan rusak dan tidak melaju di atas 80 kpj,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com