Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya Mesin Sienta dengan Avanza

Kompas.com - 08/04/2016, 08:32 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Indonesia akhirnya mengungkap saat debut di Indonesia International Motor Show (IIMS) pada Kamis (7/4/2016), MPV dengan pintu geser Sienta menggendong mesin 4-silinder 1.497cc, DOHC, Dual VVT-i  berkode 2NR-FE. Sumber tenaga itu baru, belum pernah digunakan pada model Toyota lain di Indonesia.

Mesin baru ini diproduksi di pabrik anyar Toyota di Karawang, Jawa Barat, yang diresmikan pada 8 Maret lalu. Mesin ini masih satu keluarga “NR” dengan Sienta versi Jepang, namun beda spesifikasi. Mesin ini juga menggunakan aluminium sebagai material utama, sehingga diklaim lebih ringan dan irit konsumsi bahan bakar.

Istimewa Siaran pers Sienta, Toyota Global Newsroom.
Di Indonesia, mesin 2NR-FE milik Sienta memiliki spesifikasi “F” yang merujuk pada penggunaan dua camshaft atau DOHC (dual overhead camshaft) dan “E” berarti Electronic Fuel Injection (EFI). Di Jepang, salah satu pilihan mesin  Sienta yaitu 2NR-FKE. Kode “FKE” artinya mesin itu mengadopsi siklus Atkinson dan VVT-iE (Variable Valve Timing-intelligent by Electric Motor).  

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Model terbaru Toyota untuk Indonesia, Sienta diperkenalkan di IIMS 2016.
Sienta di Indonesia menghasilkan tenaga 105 tk dan torsi 140 Nm, sedangkan konsumen di Jepang mendapatkan tenaga lebih besar, 109 tk, namun torsinya lebih rendah yakni 136 Nm.

Beda lainnya yakni pada pilihan transmisi. Jepang sebagai negara pertama yang menjual Sienta hanya punya CVT (Continuously variable transmission), sedangkan di dalam negeri tersedia CVT dan manual 6-percepatan.

Toyota Astra Motor (TAM) Grand New Avanza dibawa ke tol Cipali pada 13 - 14 Agustus 2015.
Beda dengan Avanza

Saat Grand New Avanza meluncur pada 12 Agustus 2015, perubahannya merambah ke banyak sektor termasuk mesin yang salah satunya sekarang memakai 4-silinder, 1.496cc, DOHC, Dual VVT-i dengan kode 2NR-VE.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mesin 1.5L Grand New Avanza.
Perbedaan paling mendasar mesin itu dengan Sienta yaitu punya Avanza dikembangkan dan diproduksi Daihatsu. Sedangkan Sienta, seperti sudah diketahui, dibuat Toyota Indonesia. Mesin Avanza juga masih memanfaatkan besi baja biasa, bukan aluminimum seperti milik Sienta.

“Nah spesial yang Avanza, (2NR-VE) itu kan pengganti yang dulu 1.5L 3SZ-VE. Daihatsu yang menamainya begitu,” kata Iwan Abdurrahman dari Technical service Division Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, Kamis (7/4/2016),

Iwan mengaku sudah membandingkan kondisi mesin Sienta untuk Indonesia dan Avanza, kesimpulannya blok mesin sama tapi bisa dipastikan komposisi komponennya berbeda, misalnya posisi saringan oli, altenator, dan koil.

Prinsip kerjanya serupa, namun memang desainnya berbeda. Beda paling mencolok lainnya mesin Sienta menghadap ke depan sebab memiliki penggerak roda depan, sedangkan Avanza menghadap ke belakang karena yang digerakan mesin adalah roda belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com