Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Civic Turbo Resmi Meluncur dari Kemayoran

Kompas.com - 07/04/2016, 14:24 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya memperkenalkan All New Civic pada hari pembukaan IIMS 2016, Kamis (7/4/2016). Sedan kecil ini merupakan generasi ke-10 dan punya bekalan baru, mesin baru, 4-silinder 1.5L turbocharger VTEC dengan teknologi Earth Dream.

Mesin ini kapasitasnya lebih kecil dari model Civic yang dipasarkan ke Indonesia sebelumnya, tetapi berkat turbo, tenaga yang dihasilkan mencapai 174 dk @5.500 rpm dan torsi 220 Nm @1.800 -5.000 rpm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi CVT yang diklaim lebih halus dan lebih irit bahan bakar.

"Setelah sembilan generasi sebelumnya, Civic turbo hadir di Indonesia, dengan desain baru, fitur berteknologi, dan mesin turbo pertama di kelasnya akan membangkitkan gairah segmen sedan di Tanah Air," ucap Tomoki Uchida, Presiden Direktur HPM, Kamis (7/4/2016).

Selain mesin baru, Civic juga punya tampilan baru. Paling terlihat dari desain kap bagasi yang membuat desainnya kini seperti bukan murni sedan, melainkan mirip model lift-back, semacam Hyundai Avega.

Selain mesin tampilan eksterior Civic juga mengalami perubahan. Utamanya adalah tampilan yang semakin sporty, dengan Full LED headlight yang dilengkapi DRL terintegrasi dengan gril tebal. Pelek 17 inci, dua saluran pipa pembuangan (dual exhaust pipe) semakin membuat tampilan kendaraan ini semakin kental nuansa sporty.

Setyo Adi/KompasOtomotif Honda Civic sudah mulai bisa diluncurkan,

Bagian belakangnya terdapat desain stoplamp yang meruncing dengan LED Light Bar menambah kesan sporty dan keamanan saat berkendara.

Urusan kenyamanan, Civic tak mau ketinggalan, sudah dilengkapi keyless entry dan push start engine, AC otomatis, setir multi fungsi, dan rem parkir elektrik. Sistem hiburan didukung kehadiran layar sentuh 7 inci dengan kemampuan konektivitas Bluetooth, Apple CarPlay, dan Siri Eyes Free, serta kamera mundur. Seluruh lantunan suara di dalam kabin disalurkan lewat 8 speaker.

Tambahan lain, jok dengan setelan posisi elektrik, dual-zone automatic climate control system, dan Adaptive Cruise Control. HPM membanderol All New Honda Civic dengan banderol harga khusus Rp 475 juta. Harga berlaku untuk Jabodetabek dengan perhitungan BBN mobil pertama. Khusus warna tertentu harga dapat berubah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com