Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden Redding dan Lintasan Basah Bikin Michelin Galau

Kompas.com - 04/04/2016, 01:26 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Termas de Rio Hondo, KompasOtomotif – Setelah insiden yang dialami pebalap Pramac Ducati Scott Redding saat sesi free practice di Autodromo Termas de Rio Hondo, Sabtu (2/4/2016), Michelin memutuskan mengganti jenis ban belakang medium dan hard yang sudah direncanakan untuk balapan GP Argentina, Minggu (3/4/2016), dengan pilihan ban slick baru.

Tipe slick baru itu menggunakan kompon medium tapi konstruksinya lebih kaku.

Tambahan waktu 30 menit tadinya akan diberikan buat para pebalap saat sesi pemanasan pada pagi hari, maksudnya agar bisa menyesuaikan dengan pilihan ban baru. Namun sesi dibatalkan ini karena kondisi trek tidak memungkinkan.

Hujan mengguyur sirkuit semalaman, itu artinya lintasan terlalu basah buat ban slick. Pemanasan akhirnya dimulai dengan kondisi trek basah.

Kondisi yang bisa terjadi, saat pemanasan trek basah namun ketika balapan kondisinya kering. Dilansir dari Crash.net, Michelin dan Race Direction memutuskan bila saat balapan kering maka yang digunakan adalah pilihan ban awal namun akan ada  pit-stop wajib di tengah lomba.

Insiden Redding sempat membuat khawatir atas keselamatan para pebalap MotoGP makanya Michelin memutuskan untuk mengganti pilihan ban. Hujan yang mengguyur sirkuit menambah kerumitan keputusan Michelin. Kita hanya bisa berharap balapan kali ini bisa berjalan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com