Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Panik Ketika Jarum Bensin Menyentuh “E”!

Kompas.com - 01/04/2016, 15:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Sumber autoguide

Jakarta, KommpasOtomotif – Namanya manusia tidak luput dari yang namanya kelalaian. Lagi asyik berkendara, berlama-lama di jalan, tak sadar ternyata jarum bahan bakar sudah menyentuh level "E" alias empty (kosong). Ketika ini terjadi, jangan panik dulu!

Kondisi ini biasanya akan diikuti dengan lampu indikator yang menyala di panel instrumen. Kondisi ini menginformasikan pengemudi bahwa sudah saatnya tangki diisi kembali.

Meski Anda lagi di tengah perjalanan dan jauh dari SPBU terdekat, karena sebenarnya masih ada BBM tersisa untuk perjalanan darurat. Seperti dilansir laman Autoguide.com,  Kamis (31/1/2016), setiap kendaraan paling tidak punya sisa bahan bakar meski indikator sudah menunjuk huruf “E”.

Cadangan bensin yang tersedia biasanya berkisar antara 10 persen sampai 15 persen dari volume penuh tangki mobil. Jika kapasitas penuh tangki 55 liter, 10 persen dari angka tersebut yaitu 5,5 liter, jika 15 persen menjadi 8,25 liter. Biasanya informasi sisa bahan bakar tersebut ada di dalam buku manual.

Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor, membenarkan pernyataan tersebut. Dirinya mengungkapkan, seperti pada Toyota Yaris dan Vios, cadangan sekitar 6,8 liter sampai 7 liter dari total 45 liter.

“Jika dikonversi menjadi persen cukup lumayan (sekitar 15,5 persen). Jadi semakin besar kapasitas tangkinya, semakin besar pula cadangannya, begitu pun sebaliknya,” ujar Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com