Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Kembali Kembangkan Helm Canggih

Kompas.com - 26/03/2016, 08:41 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Las Vegas, KompasOtomotif – Pengembangan teknologi canggih terus dilakukan perusahaan-perusahaan otomotif, salah satunya BMW. Setelah mempublikasikan helm head-up display-nya awal tahun ini, BMW kini punya teknologi baru.

Seperti dilansir laman Motorcyclenews.com, Rabu (23/3/2016), saat ini BMW memanfaatkan sistem haptic (sistem interaksi manusia dengan komputer melalui layar sentuh yang bergetar), yang dipopulerkan oleh ponsel pintar, seperti Iphone dan Samsung. Nantinya sistem ini akan dihubungkan dengan komponen getar (aktuator), yang dipasang pada lapisan helm.

Aplikasi ini utamanya digunakan sebagai penunjuk jalan. Daripada harus melihat layar atau mendengar arahan GPS, biker dengan helm haptic milik BMW ini, hanya perlu merasakan getaran saja di salah satu bagian dahi.

Jika getaran di sebelah kanan, maka pengemudi harus mengarahkan kendaraannya ke sana, begitu pun sebaliknya. Lalu, frekuensi getaran pada helm akan semakin cepat, ketika belokan sudah semakin dekat.

Lebih dari itu, ada juga fungsi lainnya, yaitu getaran pada bagian belakang kepala, yang menunjukkan ada kendaraan lain di belakang pengemudi atau di titik blind spot biker. Meski tidak dalam waktu cepat, namun helm ini sudah akan dpasarkan.

Teknologi helm haptic ini dikabarkan akan diaplikasikan bersamaan dengan helm head-up display.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com