Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Z1000 "Berkaki Tiga" dari Kota Hujan

Kompas.com - 23/03/2016, 12:37 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Memodifikasi kendaraan roda dua tidak hanya terpaku pada aliran yang sedang populer, tetapi juga mengikuti keinginan dan ide kreativitas. Salah satunya, hasil karya rumah modifikasi Vincent Motor Sport (VMS) yang berdomisili di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Ide si pemilik kendaraan cukup membuat VMS merasa tertantang. Vincent, pemilik VMS, mengatakan, sang klien ingin tunggangannya, Kawasaki Z1000, diubah menjadi kendaraan beroda tiga (trike).

"Trike Kawasaki ini merupakan inspirasi sendiri si pemilik sepeda motor. Ini memang sudah jadi ciri khas Kawasaki Z1000 dimodifikasi dengan memiliki roda tiga. Ada yang mengubahnya pada bagian depan menjadi dua roda, ataupun pada bagian belakangnya," ujar Vincent, Senin (21/3/2016).

Istimewa Bagian belakang yang paling memakan waktu pengerjaan.

Vincent melanjutkan, jenis modifikasi ini, keunikannya tentu ada pada kaki-kakinya. Pembuatannya juga cukup memutar otak dan memakan waktu yang cukup lama. "Kaki-kaki dibuat dan dikerjakan sendiri, jadi tidak bermerek," ucap Vincent.

Trike Kawasaki Z1000 dibalut dengan cat berwarna abu-abu yang dikombinasikan dengan warna hitam. Pada bagian belakang, sistem roda tunggal diubah menjadi ganda. Ukuran pelek belakang kanan dan kiri sama, dengan lebar 8,5 inci dan berdiameter 17 inci.

Poros penggerak (axle) kedua roda belakang ini juga dibuat custom. Kemudian, menyesuaikan dengan keperluan, bagian belakang juga dilengkapi dengan side box, dan bagasi pada bagian bawah belakang, di antara roda kanan dan kiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com