Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Bangkok

Melihat Langsung “All New” Honda Civic dari Thailand

Kompas.com - 23/03/2016, 07:41 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Bangkok, KompasOtomotif
– Sebagai basis produksi Honda di dunia, Thailand mendapatkan kesempatan sebagai negara pertama yang menjual All New Honda Civic dalam lingkup Asia. Rencananya, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga berencana memboyong sedan kecil generasi kesepuluh itu ke Indonesia, namun waktunya belum ditentukan.

Sebelum mengaspal di jalanan Indonesia, KompasOtomotif berkesempatan melihat langsung sosok small sedan andalan Honda itu pada Bangkok International Motor Show (BIMS) yang tengah berlangsung di Challanger Impact, hingga 3 April 2016.

Honda sepertinya menjagokan Civic ini jadi "pemeran utama" di BIMS 2016, karena banyak menyita perhatian para pewarta yang datang meliput. Tak habis-habisnya jepretan kamera wartawan mencoba mengabadikannya dari angle terbaik.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Interior All New Honda Civic

KompasOtomotif
 sempat berbincang dengan salah seorang pramuniaga di booth Honda. Ia menjelaskan bahwa kehadiran Civic model terbaru itu sangat dinantikan masyarakat Thailand. Sebab, ubahannya sangat signifikan dan paling menarik adalah mesin 1.5-liter turbocharger.

Saat melihat langsung, reka ulang sedan kecil Honda itu benar-benar cukup signifikan. Mulai dari eksterior hingga interior tampil dengan balutan desain yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Tampilan belakang All New Honda Civic

Secara dimensi, All New Honda Civic ini memiliki panjang 70,8 inci (1798 mm), lebar (1798 mm), dan tinggi (1415 mm) serta jarak sumbu roda (wheelbase) 2700 mm. Masuk ke kabin, terasa lebih lapang dibanding model sebelumnya.

Terlihat banyak penyegarannya, mulai dari desian tampilan meter cluster digital, setir sudah terintegrasi dengan tombol pengatur audio dan fungsi lain, tombol start stop, serta fitur Honda Sensing yang menjadi salah satu andalan.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Interior All New Honda Civic yang dipamerkan di Bangkok International Motor Show 2016.

Di pasar domestik Thailand, jantung pacu Civic teranyar ini tersedia dua pilihan, pertama, 1.8-liter N/A i-VTEC. Pilihan kedua, adalah 1.5-liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 174 tk @5.500 rpm dan torsi 220 Nm @1.800 -5.000 rpm.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Mesin terbaru yang tersemat di Honda Civic generasi kesepuluh.

Bagaimana menurut Anda tentang tampilan All New Honda Civic ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com