Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Apa dengan Esemka dan Geely?

Kompas.com - 22/03/2016, 07:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Selain mendirikan pabrik di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, PT Adiperkasa Citra Esemka (ACE) ternyata juga menyiapkan fasilitas lain di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. KompasOtomotif sudah melakukan observasi langsung ke lapangan dan memang menemukan fakta-fakta penunjang.

Sumber KompasOtomotif yang mengetahui rencana ini mengatakan, memang ada kerja sama antara PT Geely Mobil Indonesia (GMI) dengan Esemka, tetapi tidak jelas seperti apa bentuk kerjasamanya.

“Tempatnya sewa punya Geely (merek mobil asal China),” ucap sumber itu.

Namun, ketika coba digali lebih dalam menyangkut hubungan antara Esemka dengan Geely, sumber itu mengaku tidak terlalu paham. Satu-satunya bocoran yang diperoleh hanya seputar rencana fasilitas kedua ACE di Bogor dan sewa dengan GMI.

“Saya tidak bisa bicara banyak, karena itu tidak paham dan itu hasil kesepakatan pihak PT ACE,” kata sumber itu.

Ghulam/KompasOtomotif Jalan masuk menuju pabrik mobil Esemka.

Gayung pun bersambut, ketika KompasOtomotif berbincang dengan Presiden Direktur Geely Mobil Indonesia (GMI) Hosea Sanjaya. Via pesan elektronik, Hosea mengatakan, mengatakan bahwa pihaknya tengah menyiapkan pabrik perakitan baru di Cileungsi.

“Kita akan berkembang dan ikut membangun industri di Indonesia,” kata Hosea kepada KompasOtomotif belum lama ini.

Hosea melanjutkan, pabrik perakitan terbarunya itu akan berdiri di tanah seluas 35 hektare. Lantas, ketika ditanyakan ada kerjasama dengan PT ACE, Hosea masih malu-malu dan memilih untuk menahan informasi.

“Nanti kita atur waktu yang pas untuk bertemu,” ucap Hosea tanpa menyebutkan kapan waktu tepatnya.

Investigasi

Berbekal penasaran, KompasOtomotif pun melakukan investigasi ke lokasi pabrik Geely. Benar saja, di depan pintu masuk pabrik sudah terpampang papan nama “PT Adiperkasa Citra Esemka Hero”.

Pabrik tersebut berada di jalan Cipeucang Kelapa Nunggal, Kampung Ciuncal, Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Sayang KompasOtomotif tidak diperbolehkan masuk ke dalam, sehingga hanya sebatas di pos Satpam setelah gerbang utama.

“Mohon maaf keperluannya apa dan jika tidak ada rekomendasi dari pihak kantor tidak bisa masuk hingga ke dalam, cukup sampai di sini saja,” ujar petugas kemanan di pabrik Geely.

Ghulam/KompasOtomotif Papan bertuliskan Esemka yang sudah dipasang di pertigaan Cipeucang, Cileungsi, Bogor.

Menurut Satpam itu, di dalam tidak ada aktivitas perakitan mobil. Tempat ini sudah lama hanya menjadi gudang penyimpanan mobil Geely. Namun, sedang ada pemerataan tanah di belakang lokasi ini.

“Kalau proses produksi memang belum ada, hanya gudang saja. Mobil itu sudah lama disimpan, kalau rumputnya pajang mobil dipindahkan dan setelah dipotong, mobil kembali ke posisi semula. Jumlah mobil Geely yang ada di sini ratusan,” kata penjaga keamanan itu.

Setelah berkunjung ke pabrik itu, KompasOtomotif mencoba menghubungi Hosea, baik itu pesan singkat atau sambungan telepon tidak dijawabnya.

Ada spekulasi menyatakan, kalau Esemka akan memanfaatkan fasilitas di Cileungsi sebagai perakitan komponen pendukung perakitan di Boyolali. Informasi ini menguat dengan fakta yang tertulis pada plang bertuliskan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero, Factory and Spareparts Center, River Green Industrial Complex di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, lokasi ini bisa juga dimanfaatkan sebagai lokasi stock yard (pengepul stok) untuk distribusi ke seluruh Indonesia via Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com