Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkel Ini Lebih Cocok untuk Wanita

Kompas.com - 21/03/2016, 14:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif –
Jika laki-laki cenderung punya perhatian terhadap mesin mobil, maka kebanyakan wanita punya karakter sebaliknya. Kaum hawa ini lebih memprioritaskan membuat kendaraannya tampil cantik, dibanding punya performa baik.

“Kurang lebih seperti itu. Wanita rata-rata hanya mengerti menggunakan dan mendandaninya saja. Sementara untuk urusan mesin diserahkan ke bengkel,” ujar Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM), Sabtu (19/3/2016).

Iwan menyarankan, untuk para perempuan, sebaiknya melakukan servis dibengkel resmi. Alasannya, karena di bengkel tersebut, memiliki sistem “Pengingat Servis” kepada setiap pelanggannya.

“Karena kurang memperhatikan mesin, bisa saja perawatan akan terlewat. Jadi untuk berjaga-jaga, sebaiknya di bengkel resmi, agar setiap jatuh waktu servis, akan langsung diingatkan, bahka bisa diberi saran-saran perawatan terhadap mobil nya,” tutur Iwan.

Iwan menyimpulkan, secara umum, perempuan memakai mobil karena fungsinya, bukan aktualisasi diri seperti laki-laki. “Mereka (perempuan) tidak terlalu faham teknis, sehingga hampir sepenuh nya mempercayakan perawatan ke bengkel. Ban bocor saja kebanyakan meminta tolong orang lain di jalan,” ujar Iwan.

Pilihan mobil

Semenatara itu, Iwan menambahkan, dengan karakter perempuan yang cenderung mengendarai mobil secara perlahan dan tidak ingin repot, dan mobil bertransmisi matik bisa jadi pilhan. Sementara untuk jenis mobilnya, lebih kepada city car, dengan bodi compact dan tidak besar.

“Mobil yang pas umumnya city car dan bertransmisi matik. Pertama karena ukurannya kecil, jadi mudah untuk manuver di tempat sempit. Sementara matik, agar tidak kerepotan nahan kopling saat macet, tempat sempit, atau bahkan tanjakan,” ujar Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com