Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Produksi Esemka Masih "Malu-Malu Kucing"

Kompas.com - 21/03/2016, 06:43 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif –
Setelah terkatung-katung tanpa kejelasan cukup lama, perlahan demi perlahan proyek mobil bermerek nasional Esemka mulai mencapai titik terang. Menurut sumber KompasOtomotif, mobnas akan diproduksi pada semester kedua tahun ini.

Sebelumnya, di akun media sosial milik Esemka, saat menanggapi pertanyaan dari salah satu pengikutnya, pada 19 Agustus 2015, pihaknya menjawab, pembangunan pabrik sedang berjalan, dan akan rampung pada awal tahun 2016. Kalau benar begitu, bisa jadi memang produksi akan berlangsung pada paruh kedua 2016.

“Min mau tanya, perusahaan yang keluarin produk ini di mana min? Penasaran,” tanya akun @tirzatrichoni kepada @Esemka_indonesia

“@tirzatrichoni, nanti kami kabarkan setelah selesai pembangunan yah...awal tahun depan (2016)...silahkan main sementara menggunakan mini line di SMK,” jawab pihak Esemka.

Info yang juga pernah di sampaikan KompasOtomotif sebelumnya, lokasi pabrik Esemka, berada di wilayah Boyolali, tepatnya di Desa Demangan, Kecamatan Sambi.

Istimewa Pihak Esemka mengatakan, pabriknya akan rampungdi awal 2016.

Belum Dikabari 

Terkait dengan rencana tersebut, KompasOtomotif coba mengkonfirmasi kepada pihak Kementrian Perindustrian (Kemenperin). Melalui perwakilannya, I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) mengatakan, kalau mereka belum mendapatkan kabar, terkait akan melakukan produksi.

“Memang kita dengar dari media bahwa Bapak Hendropriyono akan terlibat dalam produksi Esemka (PT Solo Manufacture Kreasi/SMK). Namun, sampai saat ini, terkait dengan produksi, kami belum mendapat pemberitahuan resmi tentang rencana mereka tersebut,” ujar Putu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com